Kersen buah kersen untuk cucak ijo

14:18:01 Kersen atau talok (Muntingia calabura L.) adl sejenis pohon sklgs buahnya yg kecil dan manis brwrn merah cerah. Di beberapa daerah, seperti di Jakarta, buah ini jg dinamai ceri (untk ceri yg sbnrny, lihat artikel ceri).

Dlm Bahasa Madura, buah ini disebut "kersen" baleci. Nama-nama lainnya di beberapa negara adl datiles, aratiles,manzanitas (Filipina); mât sâm (Vietnam); khoom sômz, takhôb (Laos); takhop farang (Thailand); krâkhôb barang (Kamboja); dan kerukup siam (Malaysia).

Juga dikenal sbg capulin blanco, cacaniqua, nigua, niguito (bahasa Spanyol); Jamaican cherry, Panama berry, & Singapore cherry (Inggris). Orang Belanda dl mnybtnya Japanse kers ("ceri jepang"), yg lalu dari sini diambil mnjd kersen dalambahasa Indonesia atau ada yg menyebutnya ceri.

Daun Kersen mngndng zat antioksi& alami shngg bisa mnghmbt pertmbhn sel kanker dalam tubuh manusia. Di desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Kab. Bojonegoro, daun Kersen diolah oleh Adib Nurdiyanto menjadi teh herbal. Dikemas dalam botol siapminum, teh daun Kersen ini menjadi mnmn herbal yangdigmr para remaja.

Pemerian
Perdu atau pohon, tinggi smp 12 meter, meski umumnya hanya sekitar 3-6 meter saja. Hijau abadidan trs menerus berbunga & berbuah spnjng tahun.
Cabang-cabang mendatar, menggntng di ujungnya; mmbntk naungan yang rindang. Ranting-ranting berambut halus bercampur dengan rambut kelenjar; dmkn pula daunnya.
Daun-daun terletak mndtr, berseling; helaian daun tidak simetris, bundar telur lanset, tepinya bergerigi dan berujung runcing, 1-4 × 4-14 cm, sisi bwh berambut kelabu rapat; bertangkai pendek. Daun penumpu yang sblh meruncing bntk benang, lk. 0,5 cm, agak lama lalu mengering & rontok, smntr sblh lagi rudimenter.

Bunga dlm berkas, berisi 1-3(-5) kuntum, terletak di ketiak agak di sblh atas tumbuhnya daun; bertangkai pnjng; berkelamin dua & berbilangan 5; kelopak berbagi dlm, taju meruncing bentuk benang, berambut halus; mahkota bertepi rata, bundar telur terbalik, putih tipis, gundul, lk. 1 cm. Benang sari brjmlh bnyk, 10 smp lebih dr 100 helai. Bunga yg mekar menonjol keluar, ke atas helai-helai daun; namun stlh menjadi buah menggntng ke bawah, tersembunyi di bawah helai daun. Umumnya hny satu-dua bunga yg menjadi buah dalam tiap berkasnya.

Buah buni bertangkai pnjng, bulat hamper sempurna, diameter 1-1,5 cm, hijau kuning & akhirnya merah apblmasak, bermahkota sisa tangkai putik yg tidak rontok serupa bintang hitam bersudut lima. Berisi bbrp ribu bj yg kecil-kecil, halus, putih kekuningan; terbenam dlm daging & sari buah yg manis skl.

Selain itu, buah kersen jg dpt dgnkn untk obat penyakit asam urat, diabetes, & masih bnyk lg.

Hasil, ekologi dan penyebaran
Buah kersen disukai terutama oleh anak-anak, burung & codot. Anak-anak sklh sering memanjat pohonnya, meninggalkan bekas-bekas berupa ranting yg berpatahan dan kulit batang yang terklps. Buah ini juga dapat dijadikan selai. Di Meksiko, buah kersen dijual di psr.Tanaman kersen di Indonesia mudah ditemukan. Biasanya pohon ini dijadikan tempat teduh bagi tukang becak di Indonesia.

Kayu kersen lunak dan mudah kering, sangat berguna sebagai kayu bakar. Kulit kayunya yg mdh dikupas dgnkn sebagai bhn tali dan kain pembalut. Daunnya dpt dijadikan semacam teh.

Burung-burung pmkn buah, sprt kelompok merbah dan burung cabe, sering mngnjng pohon ini di waktu siang untk mmkn buah atau sari buahnya yg manis. Di waktu hari gelap, brgnt aneka jenis kelelawar pemakan buah yg dtng dg tujuan yang sama. Biji kersen tdk tercerna oleh burung & codot, karena itu kedua klmpk hewan ini sekaligus bfngs sbg pemencar bjnya.

Pohon kersen khususnya brgn sebagai pohon peneduh di pinggir jalan. Pohon kecil ini awalnya sering tumbuh sbg semai liar di tepi jln, selokan, atau mncl di tengah retakan tembok lantai atau pagar, & akhirnya tumbuhdg cepat –biasanya dibiarkan saja– mmbsr sebagai pohon naungan. Sbb itulah pohon kersen acapkali ditemukan di hwilayah perkotaan yang ramai dan padat, di tepi trotoar dan lahan parkir, di tepi sungai yang tdk terurus atau di tmpt-tmpt yang biasa kering berkepanjangan.

Krn sifat-sifat & daya thnnya itu, kersen menjadi salah satu tanaman pionir yg plng bnyk dijumpai di wilayah hunian manusia di daerah tropis. Berasal dari Amerika tropis (Meksiko selatan, Karibia, Amerika Tengah sampai ke Peru & Bolivia), kersen dibw msk ke Filipina pada akhir abad-19, dan lalu dg cepat menyebar di seluruh wlyh tropis Asia Tenggara.



Tag Kersen buah kersen untuk cucak ijo

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kersen buah kersen untuk cucak ijo adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kersen buah kersen untuk cucak ijo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit