Cengkih | cengkeh sambung jambu air

Cengkih | cengkeh sambung jambu air

Cengkih (Syzygium aromaticumsyn. Eugenia aromaticum), dalam bahasa Inggris disebut cloves, adalah tangkai bunga kering beraroma dr keluarga pohon Myrtaceae. Cengkih adl  tanaman asli Indonesia, bnyk dgnkn sbg bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa, & sbg bahan utm rokok kretek khas Indonesia. Cengkih ditanam tertm di Indonesia (Kepulauan Banda) dan Madagaskar; selain itu jg dibudidayakan di ZanzibarIndia, & Sri Lanka.

Tanaman ini adl  flora identitas Provinsi Maluku Utara.

Pemerian

Pohon cengkih merupakan tanaman tahunan yg dapat tumbuh dg tinggi 10–20 m, mempunyai daun berbentuk lonjong yg berbunga pada pucuk-pucuknya. Tangkai buah pd awalnya berwarna hijau, & berwarna merah jika bunga sdh mekar. Cengkih akan dipanen jika sudah mencapai panjang 1,5–2 cm.

Penggunaan

Cengkih dapat digunakan sebagai bumbu, baik dlm bentuknya yang utuh atau sbg bubuk. Bumbu ini dgnkn diEropa & Asia. Terutama di Indonesia, cengkih dgnkn sbg bahan rokok kretek. Cengkih jg digunakan sbg bhn dupa di Republik Rakyat Tiongkok dan JepangMinyak cengkih dgnkn di aromaterapi dan jg untuk mengobati sakit gigi. Daun cengkih kering yg ditumbuk halus dapat dgnkn sebagai pestisida nabati dan efektif untuk mengendalikan penyakit busuk batang Fusarium dg mmbrkn 50-100 grdaun cengkih kering per tanaman[1].

Sejarah cengkih

PdPada abad yg keempat, pemimpin Dinasti Han dari Tiongkok memerintahkan stp orang yg mendekatinya untuksebelumnya menguyah cengkih, agr harum napasnya. Cengkih, pala & merica sngtlah mahal pd zaman Romawi. Cengkih mnjd bahan tkr mnkr oleh bangsa Arab pada abad pertengahan. pada akhir abad ke-15, orang Portugis mengambil alih jalan tukar menukardi Laut India. Brsm itu diambil alih juga perdagangan cengkih dg perjanjian Tordesillas dengan Spanyol, selain itu jg dengan perjanjian dengan sultanTernate. Orang Portugis membawa banyak cengkih yang mereka dapatkan dari kepulauan Maluku ke Eropa. pada saat itu harga 1 kilogram cengkih sama dengan hrg 7gr emas.

Perdagangan cengkih akhirnya didominasi oleh orang Belanda pd abad ke-17. dengan susah payah orang Prancis berhasil membudayakan tanaman Cengkih di Mauritius pada tahun 1770. Akhirnya cengkih dibudayakan di GuyanaBrasiliaZanzibar.

pPda abad ke-17 & ke-18 di Inggris harga cengkih sama dg hrg  emas krn tingginya biaya impor. Sebab cengkih disana dijdkn slh satu bhn mknn yg sngt bermanfaat bg masyarakat dan sktrnya yang mnnsms tanaman cengkih tersebut. Smp sekarang cengkih menjadi slh satu bhn yg|yang} diekspor ke luar negeri.

Pohon cengkih yang dianggap tertua yang masih hidup trdpt di Kelurahan Tongole, Kecamatan Ternate Tengah, sekitar 6 kilometerdari pusat kota Ternate. Tanaman ygdsbt sebagai Cengkih Afo ini berumur 416thn, tinggi 36,60 m, berdiameter 198 m, dan keliling batang 4,26 m. Stp tahunnya ia mmp menghasilkan sktr 400 kilogram bunga cengkih.[2]

Kandungan bahan aktif dalam bunga dan buah cengkih

Minyak esensial dari cengkih mempunyai fungsi anestetik & antimikrobial. Minyak cengkih srng digunakan untuk menghilangkan bau napas & untuk mnghlngkn sakit gigi. Zat yang terkandung dalam cengkih yang brnm eugenol, digunakan dokter gigi untk menenangkan saraf gigi. Minyak cengkih juga dgnkn dlm campuran tradisional chōjiyu (1% minyak cengkih dlm minyak mineral; "chōji" brrt cengkih; "yu" brrt  minyak) & dgnkn oleh orangJepang untk merawat permukaan pedagang mrk.

2019-02-19 18:45:03 * 2019-02-19 13:25:02

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cengkih | cengkeh sambung jambu air adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cengkih | cengkeh sambung jambu air"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit