Melati | tanaman melati rambat

Melati | tanaman melati rambat

 

Melati mrpkn tumbuhan bunga hias berupa perdu berbatang tegak yg hdp menahun. Melati merupakan genus dr semak dan tanaman merambat dlm keluarga zaitun (Oleaceae). Terdiri dari sekitar 200 varietas pohon asli daerah beriklim tropis dan hngt dari Eurasia, Australasia & Oseania, melati secara luas dibddykn untuk aroma khas bunganya yg harum. Di Indonesia, salah satu jenis melati telah dipilih menjadi "puspa bangsa" atau bunga simbol nasional yaitu melati putih (Jasminum sambac), krn bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan brbg tradisi dr bnyk suku di negara ini. Bunga ini mrpkn bgn yang tdk terpisahkan dari hiasan rambut pengantin perempuan dalam upacara perkawinan berbagai suku di Indonesia, terutama suku Jawa dan Sunda. spesies lain yg jg tekenal adalah melati gambir (J. officinale). Di Indonesia nama melati diknl oleh masyarakat di slrh wilayah Nusantara. Nama-nama daerah untk melati adalah Menuh (Bali), Meulu atau Riwat (Aceh)[1]Menyuru(Banda), Melur (Gayo dan Batak Karo), Manduru (Menado), Mundu (Bima & Sumbawa) & Manyora (Timor), Melati Salam (UMI), Malete (Madura) serta Beruq-beruq(Mandar).

Di Italiamelati casablanca (Jasminum officinalle), yg disebut Spanish Jasmine ditnm tahun 1692 untuk dijadikan parfum. Thn 1665 di Inggris dibddykn melati putih (J. sambac) yg diprknlkn oleh Duke Casimo de Medici. Dlm thn 1919 ditmkn melati J. parkeri di kawasan India Barat Laut yang kmdn dibddykn di Inggris pada thn 1923.

Manfaat

Bunga melati brmnft untuk bunga tabur, bhn industri minyak wangikosmetikaparfumfarmasi, penghias rangkaian bunga & bhn cmprn atau pnghrm teh, seperti teh melati yg terkenal di Indonesia.

Bunga dan daun-daun dr beberapa varietas melati digunakan untk mngrng atau menghentikan keluarnya susuibu[2][3], dlm rupa bunga yang dihancurkan atau tapal daun-daunan yang ditmplkn di atas buah dada[4].

Tapal daun-daun dr bbrp spesies melati dipakai untuk mengobati bisul dan sakit kulit. Daun-daun ini juga digunakan sbg obat kumur untk mengobati seriawan & pmbngkkn gusi. Air rendaman bunga yang telah bermalam dgnkn sebagai pnygr untuk mencuci muka.[4]

Ekstrak akar beberapa varietas melati dimanfaatkan sebagai penurun demam. Rebusan akar melati atau rendaman bunganya dipakai untk mngts radang peparubronkitis, & jg asthma. Akar yang ditmbk dijdkn tapal untuk mnymbhkn keseleo atau patah tulang. Tingtur (ekstrak dalam alkohol) akar J. sambac memiliki khasiat kuat sebagai penenang (sedativa), anestetik, & penyembuh luka.[4]

Bbrp varietas melati juga ditnm sebagai penghias taman.[5].

2019-02-25 23:14:14 * 2019-02-25 22:46:14

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Melati | tanaman melati rambat adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Melati | tanaman melati rambat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit