Kurma (pohon) | cara merawat pohon kurma

Kurma (pohon) | cara merawat pohon kurma



Tips Jitu Cara Menanam Pohon Kurma di Indonesia Agar Berbuah â–º 5:08 youtube watch?v=vK9sqRuvWU012 Okt 2017 5 menit Diupload oleh Tanaman BuahTips Jitu Cara Menanam Pohon Kurma di Indonesia Agar Berbuah Lebat HAsil Cara Merawat Pohon Kurma Agar Cepat Berbuah Artikel Pertanian pertanianku cara merawat pohon kurma agar cepat berbuah Cache3 Jun 2018 Pohon kurma merupakan tanaman jenis Dioecious, memiliki tanaman jantan dan betina yang tumbuh secara terpisah Tidak hanya di daerah  5 Cara Menanam Kurma Agar Cepat Berbuah IlmuBudidaya ilmubudidaya cara menanam kurmaCache23 Sep 2017 Budidaya pohon kurma dapat dilakukan dengan cara generatif Ini adalah cara yang menggunakan kecambah dari biji kurma Karena setiap  5 Cara Menanam Pohon Kurma di Indonesia Agar Berbuah ilmubudidaya cara menanam pohon kurma di indonesia agar berbuahCache8 Ags 2018 5 cara menanam kurma di Indonesia supaya cepat berbuah dengan mudah Perlu diketahui jika tiap tanaman punya kondisi tanah yang  Belajar Budidaya Pohon Kurma Di Indonesia â€" waras farm warasfarm wordpress belajar budidaya pohon kurma di indonesia CacheMirip8 Jan 2015 Cara tersebut memang cukup praktis dan mudah namun anda tidak dapat Pohon kurma merupakan tanaman berumah dua sehingga pohon  Panduan Cara Menanam Kurma Lengkap untuk Pemula Step by Step! sentrabudidaya tips budidaya cara menanam kurma CacheCara Menanam Kurma â€" Jumpa lagi bersama SentraBudidaya, pada Tanaman kurma memiliki nama latin Phoenix dactylifera dengan jenis pohon  Inilah Cara Menanam Kurma yang Benar Agar Cepat Berbuah Fikri fikrikamal cara menanam kurma CacheSiapkan bunga kurma jantan, satu pohon kurma jantan bisa melakukan penyerbukan  Ingin Punya Pohon Kurma di Rumah, Ini Cara Sederhana bogor tribunnews ingin punya pohon kurma di rumah ini cara sederhana menanamnyaCacheMirip14 Jun 2016 COM Menanam sebuah tanaman memang tidak begitu mudah, apa lagi Seperti dikutip dari Wikipedia, pohon kurma diyakini berasal dari  Langkah langkah Menanam Kurma yang Baik dan Benar izlog org langkah langkah menanam kurma yang baik dan benar Cache17 Apr 2018 Namun menanam kurma membutuhkan langkah dan lahan yang lebih dapat menambahkan peneduh sederhana dengan dahan pohon atau  Cara Menanam Pohon Kurma agar Cepat Berbuah â€" VIVA viva co id 954925 cara menanam pohon kurma agar cepat berbuahCache9 Sep 2017 Cara menanam dan merawat pohon kurma agar cepat berbuah dengan metode stek Metode stek biasanya akan berbuah 2 hingga 3 tahun 

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) di Nusa Tenggara Barat, Riau, Aceh, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Papua, Jawa Timur, Jawa Barat, Riau, Maluku Utara

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah cara merawat pohon kurma di Paniai, Waropen, Tanah Laut, Maros, Kab. Grobogan, Tanah Laut, Kab. Indramayu, Gowa, Kab. Pontianak, Batubara, Paniai, Cilegon, Padangsidempuan, Mandailing Natal,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) | cara merawat pohon kurma di Kec. Kalikotes, Kec. Sambeng, Kec. Kaliangkrik, Kec. Kebayoran Baru, Kec. Adiwerna, Kec. Kadipaten, Kec. Ampek Angkek, Kec. Plampang, Kec. Binakal, Kec. Tomo, Tambun Selatan, Kec. Selopampang, Kec. Kisaran Timur, Kec. Medan Marelan, Kec. Rundeng, Kec. Kalasan, Kec. Jogorogo, Kec. Ujung Batu, Kec. Kampar Utara, Kec. Padalarang

Kurma, (Arab: Tamr; nm latin Phoenix dactylifera) adl tumbuhan palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya bisadimkn. Wlpn tmpt asalnya tidak dikth karena telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tumbuhan ini berasal dr tanah sktr Teluk Persia[1]. Pohonnya berukuran sdng dg tngg sekitar 15-25 meter, tumbuh scr tunggal atau membentuk rumpun pd sjmlh batang dr sebuah sstm akar tunggal. Daunnya mempunyai pnjng 3-5 m, dg duri pada tangkai daun, menyirip dan memiliki sktr 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dg panjang 30 centimeter dan lebar 2 cm . Rentangan pnh mahkotanya berkisar dari 6-10 meter.

Etimologi
Nama jenis dactylifera "date-bearing" berasal dari Yunani kuno, dáktulos, "kurma" (juga "jari")[2] & batang dr kata kerja Latin, fero, "Saya memberi".[3]

Sejarah Kurma
Kurma tlh mnjd makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan thn lamanya. Tanaman Kurma diykn berasal dari sktr Teluk Persia & tlh dibddykn sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kemungkinan pada awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno mnggnkn buahnya untuk dibuat menjadi anggur kurma dan memakannya pada saat panen. Ada bkt arkeologi budidaya kurma di bagian Arab timur pada tahun 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pd zaman slnjtnya, orang Arab menyebarkan luaskan kurma di sekitar Selatan & Barat Daya Asia, bgn utara Afrika, Spanyol dan Italia. Kurma diperkenalkan di Mexico dan California, disktr Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pada tahun 1765.

Buah
Buah yang dihasilkan oleh tumbuhan kurma dikenal sebagai buah kurma.[4] Bntk buahnya lonjong-silinder dengan pnjng 3-7 centimeter , berdiameter 2-3 centimeter danketika msh muda wrnnya merah cerah ke kuning trng, tergantung dr jenisnya. Kurma memiliki biji tunggal yg ukuran panjangnya sekitar 2-2,5 centimeter & tebalnya 6-8 mm. Buah kurma dikelompokan mnjd tiga golongan utama yaitu: lunak (contohnya 'Barhee', 'Halaw', 'Khadrawy', 'Medjool'), semi-kering (contohnya 'Dayri', 'Deglet Noor', 'Zahidi') dan kering (contohnya 'Thoory'). Varietas buah ini trgntng pd kndngn glukosa, fruktosa dan sukrosa.
Tanaman kurma merupakan tumbuhan varietas dioecious, yaitu mempunyai pohon jantan dan betina yang hidup scr terpisah. Mereka dapat tumbuh dg mdh dari bakal bj, ttp hanya 50% tanaman betina yang ditnm secara pembibitan akan berbuah, & mnghslkn buah yg kecil serta berkualitas rendah. Sbgn besar prkbnn mnggnkn perkembangbiakan stek pada tumbuhan, terutama pd kultivar 'Medjool' karena bisa mnghslkn panen yang banyak srt buah yang manis & besar. Pohon yang tmbh dari cara stek akan berbuah 2-3 thn lebih awal drpd pohon yg menggunakan bibit.
Pembuahan dengan serbuk sari pada tumbuhan kurma dilakukan secara alami oleh angin ttp pada perkebunan oasis tradisional & perkebunan modern, penyerbukan dilakukan secara manual. Penyerbukan alami pd pohon jantan dan betina, dapat terjadi dg jumlah yg sama antr kedua tumbuhan. Nmn, bila dilakukan dg bantuan, satu tanaman jantan bisa mnyrbk hngg 100 tanaman betina. Pohon jantan yg merupakan sbg penyerbuk, mmngknkn para petani mnggnkn smbr daya mereka untk memproduksi lebih banyak buah pada tumbuhan betina.

Beberapa petani bhkn tidak memelihara tanaman jantan, yg mana sebagai bunga jantan, untuk menyediakannya di pasar lokal pd saat wkt penyerbukan. Pnyrbkn manual dikerjakan oleh pekerja trmpl dengan mnggnkn bantuan tangga untuk naik ke atas pohon. Di bbrp daerah seperti Irak, para pkrj mmnjt tanaman dengan mnggnkn alat pemanjat khusus, dmn alat trsbt mengitari batang pohon & pendaki membuatnya ttp melekat pd bagasi saat mendaki. Jarang serbuk sari dapat ditrbngkn ke bunga betina dengan angin.

Kurma matang dbg mnjd empat golongan, yang mana dikenal di seluruh dunia dengan menggunakan penamaanArab yaitu, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (masak, lembut), tamr (matang, dikeringkan dengan bantuan matahari).

Stp 100 gram kurma segar bisa mengandung smbr vitamin C[butuh rujukan] & energi sebesar 230 kcal (960 kJ). Air yang trkndng dalam kurma relatif sedikit & hal ini tdk menjadikannya jauh lbh pekat pada saat proses pngrngn berlangsung, meskipun vitamin C-nya akanhlng.

Kurma merupakan tumbuhan tradisional yang penting di Turki, Iraq, Arab, Afrika Utara sampai ke Maroko. Di negara-negara Islam, kurma & yogurt atau susu adl makanan tradisional yang utama untk berbuka puasa pd saat bulan Ramadan. Kurma (terutama Medjool & Deglet Noor) juga dibudidayakan di Amerika Serikat pdbagian selatanCalifornia, Arizona & bgn selatan Florida.

Pohon kurma dapat berbuah setelah ditanam selama 4 sampai 7 thn dan bisa dipanen ketika telah berusia 7 sampai 10 tahun. Tanaman kurma yang telah dewasa bisa menghasilkan 80-120 kg (176-264 lb) buah kurma pada setiap musim panennya. Agar mendapatkan buah yang berkualitas untk bisa dipasarkan, tandan kurma hrs ditipiskan dan dibungkus atau ditutup sebelum matang supaya buahnya bisa tumbuh menjadi lebih besar & terlindungi dari cuaca dan hama, seperti burung.

Makanan dari Olahan Kurma
Kurma kering atau lembut yang dimakan buatan tangan atau mungkin terlihat berbintik-bintik diisi dengan isian sepertialmond, kenari, manisan jeruk dan kulit lemon, tahini, marzipan atau krim keju. Kurma berbintik disebut juga kurma tanpa biji. Sebagian kurma kering berbintik kemungkinan berglasir dengan sirup glukosa untuk digunakan sebagai makanan ringan. Kurma juga dapat dipotong & digunakan dalam berbagai hidangan manis & gurih mulai dari tajines (untk puding) diMaroko, ka'ak (jenis kue kering Arab) dan makanan pencuci mulut lainnya. Kurma roti kacang, jenis kue, sangat populer diAmerika Serikat terutama menjelang hari-hari libur. Kurma juga diproses menjadi berbentuk dadu, pasta (yang disebut "ajwa"), olesan, sirup kurma atau "madu" yang disebut "dibs" atau "rub" di Libya, bubuk (gula kurma), cuka ataupun alkohol. Inovasi olahan terbaru antara lain kurma berlapis cokelat dan produk-produk seperti jus kurma bersoda, yg digunakan di beberapa negara-negara Islam sebagaisampanye versi non-alkohol, untuk acara-acara khusus dan waktu keagamaan seperti Ramadhan.

Kurma juga dapat dikeringkan, ditumbuk dan dicampur dengan gandum untk membentuk bahan baku bergizi. Kurma kering dimakan oleh unta, kuda dan anjing diSahara. Di Nigeria utara, kurma dan lada ditambahkan ke dalam bir asli yg diyakini membuatnya untuk mengurangi mabuk.

Daun kurma muda dimasak & dimakan sebagai sayuran, seperti pangkal tunas atau jantung, meskipun pada saat pengangkatannya bisa membuat tanaman mati. Benih digiling halus dicampur dengan tepung untk membuat roti pd saat sedang kelangkaan terjadi. Bunga-bunga kurma juga dimakan. Secara tradisional, bunga betina adalah bunga yg paling tersedia untuk dijual dan beratnya 300-400 gram. Kuncup bunga digunakan dalam salad atau sebagai alas pada ikan kering untk membuat bumbu roti.

Menurut sebuah studi oleh Al-Shahib & Marshall, dalam banyak hal, "Kurma dapat dianggap sebagai makanan yg hampir ideal, memberikan berbagai nutrisi penting & manfaat kesehatan yang potensial." Kurma adalah sumber yg sangat baik untk diet kalium. Kndngn gula pd kurma yang tlh matang sekitar 80%; sisanya terdiri dari protein, serat, dan elemen trmsk boron, kobalt, tembaga, fluor, magnesium, mangan, selenium, & seng.[5]

Di India dan Pakistan, Afrika Utara, Ghana, dan Pantai Gading, tumbuhan kurma disadap untk diambil getah manisnya, yg dikonversi menjadi gula kelapa (yg diknl sebagai jaggery atau gur), sirup gula atau mnmn beralkohol. Di Afrika Utara getah yg diperoleh dari penyadapan pohon palma diknl sebagai lagbi. Jika dibiarkan untuk jangka wkt yg cukup lama (biasanya berjam-jam, tergantung pada suhu) lagbi dengan mudah bisa mnjd mnmn beralkohol. Ktrmpln khusus diperlukan pd saat penyadapan pohon palma sehingga tidak mati.

Di bgn Tenggara Spanyol (di mana perkebunan besar kurma ada trmsk UNESCO dilindungi Palmeral dari Elche) kurma (biasanya olahan dg almondgoreng) disjkn terbungkus pd daging babi asap & shallow goreng.

Itu juga dignkn untuk membuat Jallab.

Kegunaan Pohon Kurma
Biji kurma trsbt direndam dari bawah ke atas untk dijdkn pakan ternak. Minyaknya cocok untk digunakan dlm bentuk sabun & kosmetik. Mereka juga dapat diolah secara kimia sebagai sumber asam oksalat. Benih-benihnya jg dibakar untk membuat arang oleh pandai perak dan dapat dirngk menjadi kalung. Biji kurma juga tanah & dgnkn pada olahan biji kopi atau sbg bahan tambahan untuk kopi.

Tandan buah yang tlh dipreteli bisa dgnkn sbg sapu. Di Pakistan, viskos, sirup kental yg terbuat dari buah yg masak dgnkn sbg pelapis untk tas kulit & pipa untk mencegah kebocoran.

Getah tanaman kurma dapat dgnkn untk membuat sirup danberbagai produk dapat dimkn berasal dr sirup.

Daun tanaman kurma digunakan untk Palm Sunday dlm agama Kristen. Di Afrika Utara, mereka biasanya digunakan untuk membuat pondok. Daun dewasa juga dibuat mnjd tikar, layar, keranjang & kipas. Daun yg diolah dapat digunakan sebagai isolasi kardus. Tangkai daun kering yg mrpkn sumber ampas selulosa bisa dijadikan sebagai tongkat jalan, sapu, umpan pancing dan bahan bakar. Pelepah daun yg brhrg mengeluarkan aroma serta seratnya jg dapat dgnkn sbg tali, kain kasar, & topi besar. Di hari libur Yahudi,Sukkot, daun-daunnya digunakan sebagai lulav.

Kayu kayu tanaman kurma digunakan untk tiang & langit-langit pada pondok, krn lbh ringan dr kelapa dan tidak bgt tahan lama. Kayu juga digunakan untk konstruksi sprt jembatan & saluran air, dan bagian dari dhows. Sisa kayunya dibakar sebagai bhn bakar.

Dmn tradisi krjnn msh berkembang, seperti di Oman, pohon palem adl yang plng srb guna dr semua tanaman asli, dan hamper setiap bagian dari tanaman digunakan untk membuat barang-barang fungsional mulai dr tali & keranjang untuk sarang, perahunelayan, & tempat tnggl tradisional.[butuh rujukan]

Kegunaan Kurma dalam Bidang Pengobatan
Kurma memiliki kndngn tannin yg tinggi dan secara medis dgnkn sbg deterjen (mempunyai daya pembersihan) & astringent pada usus yang bermasalah.[butuh rujukan] Kurma dapat diberikan untk sakit tenggorokan, pilek, penyakit selesema bronkial, meringankan demam & sejumlah keluhan lainnya dlm bntk infus, ramuan, sirup atau pasta.[butuh rujukan] Satu kyknn tradisional mngtkn bahwa kurma dapat menetralkan keracunan alkohol. Bubuk bj jg digunakan dlm bbrp obat-obatan tradisional.

Getah yang dicucurkan oleh batang pohon, di India, dgnkn untk mengobati diare & penyakit kencing genital.[butuh rujukan] Akarnya digunakan melawan sakitgigi. Serbuk sari mnghslkn sebuah prinsip estrone, estrogenik, dan mempunyai efek gonadotropic pd tikus muda.

2019-03-22 18:13:14 * 2019-03-22 17:41:13

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kurma (pohon) | cara merawat pohon kurma adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kurma (pohon) | cara merawat pohon kurma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit