Mahoni | pohon mahoni dimanfaatkan manusia untuk membuat

Mahoni | pohon mahoni dimanfaatkan manusia untuk membuat

 

Mahoni adalah anggota suku Meliaceae yg mencakup 50 genera dan 550 spesies tanaman kayu.

Morfologi dan penyebaran

Mahoni termasuk tanaman besar dengan tngg tumbuhan mencapai 35–40 m dan diameter mncp 125 centimeter.[2] Batang lurus berbentuk silindris & tdk berbanir.[2] Kulit luar berwarna cokelat kehitaman, beralur dangkal seperti sisik, sedangkan kulit batang brwrn abu-abu &  hls ktk msh muda, berubah menjadi cokelat tua, beralur &  mengelupas setelah tua.[2]Mahoni baru berbunga setelah berumur 7 tahun, mahkota bunganya silindris, kuning kecoklatan, benang sari melekat pd mahkota, kpl sari putihkuning kecoklatan.[3] Buahnya buah kotak, bulat telur, berlekuk lima, wrnnya cokelat. Biji pipih, wrnnya hitam atau cokelat.[4] Mahoni dapat ditemukan tumbuh liar di hutan jati dan  tempat-tempat lain yang dkt dengan pantai, atau ditanam di tepi jln sebagai tanaman pelindung.[5] Tanaman yg asalnya dr Hindia Barat ini, dapat tumbuh sbr bila tumbuh di pasir payau dekat dengan pantai.[6]

Manfaat

Pohon mahoni bisa mengurangi polusi udara sktr 47% - 69% shngg dsbt sbg tumbuhan pelindung sklgs filter udara dan  daerah tangkapan air.[7] Daun-daunnya bertugas mnyrp polutan-polutan di sekitarnya. Sebaliknya, dedaunan itu akan mlpskn oksigen (O2) yang membuat udara di sktrnya mnjd sgr.[7] Ktk hujan turun, tanah &  akar-akar pepohonan itu akan mngkt air yang jatuh, shngg menjadi cdngn air.[7] Buah mahoni mngndng flavonoid &  saponin[8]. Buahnya dilprkn dapat melancarkan peredaran darah shngg para penderita penyakit yg mnybbkn trsmbtny aliran darah disrnkn mmk buah ini sebagai obat, mngrng kolesterol, pnmbnn lemak pd saluran darah, mengurangi rasa sakit, pendarahan dan  lebam, serta brtndk sbg antioksidan untk menyngkrkn radikal bebas[8], mencegah penyakit sampar, mngrng lemak di badan, membantu meningkatkan sistem kkbln, mncgh pembekuan darah, serta mngtkn fungsi hati dan  memperlambat proses pembekuan darah[9]. Sifat Mahoni yg dpt brthn hidup di tanah gersang menjadikan tumbuhan ini sesuai ditnm di tepi jalan. Bagi pnddk Indonesia khususnya Jawa, tanaman ini bukanlah pohon yg baru, krn sjk zaman penjajahan Belanda mahoni &  rekannya, Tumbuhan Asam, sudah banyak ditanam di pinggir jln sebagai pndh terutama di spnjng jalan yang dibngn olehDaendels antara Anyer sampai Panarukan. Sjk 20 tahun terakhir ini, tanaman mahoni mulai dibddykn karena kayunya mempunyai nilai ekonomis yg cukup tngg. Kualitas kayunya keras &  sangat baik untuk meubel, furnitur, barang-barang ukiran &  kerajinan tangan. Sering jg dibuat penggaris krn sftnya yg tdk mdh berubah. Kualitas kayu mahoni berada sedikit dibwh kayu jati sehingga srng dijuluki sbg primadona kedua untuk mewarnai pakaian. Kain yang dirbs brsm kulit mahoni akan mnjd kuning dan  tidak mdh luntur.Sedangkan getah mahoni yg dsbt juga blendok bisa dipergunakan sebagai bahan baku lem, dan  daun mahoni untk pakan ternak.[10]

Ekstrak bj pohon mahoni jg dapat digunakan sebagai pestisida nabati untk mengendalikan hama pd pertanaman kubis, yaitu Plutella xylostella &  Crocidolomia binolalis khususnya pada saat hama berada pada stadia larva. Penggunaan insektisida botani merupakan salah satu alternatif pengendalian yang bertujuan untuk mngrng dmpk negatif akibat penggunaan insektisida sintetik yang tidak bjksn.

 

2019-03-04 10:05:05 * 2019-03-04 08:41:04

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Mahoni | pohon mahoni dimanfaatkan manusia untuk membuat adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Mahoni | pohon mahoni dimanfaatkan manusia untuk membuat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit