Petai | pohon petai raksasa

Petai | pohon petai raksasa

 

Petaipete (IPA:pÉ™tÉ›), atau mlanding (Parkia speciosa) mrpkn tumbuhan thnn tropika dari suku polong-polongan (Fabaceae), anak-suku petai-petaian (Mimosoidae). Tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bgn brt. Bjnya, yang dsbt "petai"jg, dikonsumsi ketika msh muda, baik segar maupun direbus.

Pohon petai menahun, tngg bisa mencapai 20meter & kurang bercbng. Daunnya majemuk, trssn sjjr. Bungamajemuk, trssn dalam bongkol (khas Mimosoidae). Bunga muncul biasanya di dekat ujung ranting. Buahnya besar, memanjang, bertipe buah polong. Dari satu bongkol dapat ditmkn smp belasan buah. Dalam satu buah trdpt hngg 20 bj, yang berwarna hijau ketika muda &  tblt oleh selaput agak tbl berwarna coklat terang. Buah petai akan mengerin jika masak dan  mlpskn biji-bijinya.

Biji petai, yang berbau khas &  agak mrp dg jengkol, diknsms segar mpn dijdkn bahan cmprn sjmlh menu. Sambal goreng hati tidak lengkap tnp petai. Sambal petai juga merupakan menu dg petai.

Morfologi Petai

·         Pohon ini brbntk tumbuhan dengan tnggnya mencapai 5-25 meter &  bercbng bnyk, kulit btng berwarna coklat kemerahan- merahan, daunnya menyirip ganda, bunganya ditumbuhi benang-benang sari &  putik brwrn kuning dan  berbentuk bongkol.

Ada 2 Jenis Petai

Pohon  petai jenis gajah, yaitu pohon  petai yang setiap buahnya bisa berisi petai sebanyak 15-18 biji &  pnjng buahnya mencapai 25-30 cm. Tumbuhan  petai varietas kacang, yaitu tumbuhan   petai yang stp buahnya mngndng 10-12 biji &  pnjng buahnya hny sktr 20 centimeter.

Syarat Tumbuh

•Lokasi : Pohon  petai tumbuh baik di daerah daratan rndh sampai dg daerah pegunungan dg ketinggian 1.500 mdpl.

•Tanah : dapat tmbh baik di daerah yang tanahnya bertkstr hls dengan Ph antr 5,5 sampai 6,5.

•Iklim : Tanaman  petai tmbh baik di daerah yang mempunyai tipe iklim basah dan  tipe iklim agak basah.

•Lingkungan : dapat tmbh baik di tempat yang terbuka karena tumbuhan  petai sangat membutuhkan sinar matahari sepanjang hari.

Potensi Produksi

•Tumbuhan  petai yg syarat-syaratnya trpnh dapat berproduksi (berbuah) pd umur 4 tahun.

•Sejak pnyrbkn buah petai smp siap dipetik membutuhkan waktu slm 3-4 bulan.

•Pohon petai yang tumbuhnya baik akan menghasilkan 4.000-5.000 polong buah petai pertahun.

Manfaat

Mnrt Dr. Aminuddin AHK dari Departement of Physiologi Medical Faculty of Universitas Kebangsaan Malaysia, Kuala Lumpur bahwa petai bisa dgnkn sebagai obat : Anemia, Stress, Sindroma pramenstruasi, Depresi, Sakit perut, Cacingan dan  beberapa gnggn kesehatan lainnya.

Penyebab Bau

PnybbPenyebab biji petai bauadl kandungan asam-asam amino yg didmns oleh asam amino yg mengandung unsur sulfur (s), ktk terdegradasi menjadi komponen yang lebih kecil, asam amino itu akan menghasilkan satu gas H2S (Hidrogen sulfida) yang trknl sngt bau.

Cara Menghilangkan Bau

•Mengunyah beras

•Mengunyah bubuk kopi

•Konsusmsi mentimun

 

2019-03-02 2:21:21 * 2019-03-02 01:00:20

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Petai | pohon petai raksasa adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Petai | pohon petai raksasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit