Zaitun tanaman zaitun di indonesia

11:48:30 Zaitun (Olea europaea) adalah tanaman kecil thnn & hijau abadi, yang buah mudanya dpt dimkn mentah ataupun sesudah diawetkan sbg penyegar. Buahnya yg tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dpt diprgnkn untuk brbg macam keperluan. Zaitun adl anggota suku Oleaceae.

Ciri-ciri
Tumbuhan zaitun mempunyai ciri-ciri di antaranya:

• tumbuh sbg pohon atau perdu hijau abadi mempunyai bunga berbentuk lonceng

• pendek dan gemuk, tingginya jrng melebihi 8–15 m (26–49 ft), kecuali varietasPisciottana yang lbh besar dan tinggi

• daun tunggaldengan kedudukan berhdpn tanpa daun penumpu, berwarna hijau keperakan, berbentuk lonjong dg panjang 4–10 centimeter(1,6–3,9 in) & lebar 1–3 cm (0,39–1,18 in)

• batang keriput & terpelintir

• bunga banci atau berkelamin tunggal dan buah menumpang; bunga kecil-kecil brwrn putih berbulu, dg calyx dan corolla berbelah sepuluh, dua stamen& stigma bifid , biasanya tumbuh pd kayu tahun sebelumnya

• buahnya kecil brp buah batu (drupe), pnjngnya 1–2,5 centimeter (0,39–0,98 in) dg biji memiliki endosperma. Buahnya berukuran lbh kurus & kecil pada tanaman liar dibandingkan pd pmbddyaan.

Zaitun mulai berbuah saat berumur lima thn dan usianya dapat mencapai ribuan thn, shngg yang tadinya perdu telah mnjd pohon besar.Tanaman zaitun yang berumr ribuan thn di antaranya prnh ditemukan di Palestina yg brthn hidup hngg 2000 tahun.

Zaitun dipanen pada wkt masih hijau sampai sudah brwrn ungu. Buah zaitun hitam dlm kaleng mngkn mngndng bhn kimia (biasanya fero sulfat) yg mnjdknnya berwarna hitam secara buatan. Biji Olea europaea biasanya dlm bahasa Inggris di Amerika disebut pit atau rock, sedangkan di Inggris sbg stone, semuanya bermakna "batu".

Distribusi

Distribusinya mlpt daerah-daerah iklim panas sampai iklim sdng. Kebanyakan varietasnya dapatdijumpai di Asia, Afrika dan daerah Laut Tengah. Varietas Pisciottana, yang trdr dr 40.000 tanaman, hny ditmkn di daerahsktr Pisciotta, Campania, diwlyh selatan Italia, tingginya melebihi rata-rata zaitun di tempat lain, serta batangnya lbh besar diameternya. Tanaman ini masih berkerabat dg melati (Jasminum sambac).

Taksonomi

Diknl enam subspesies alami Olea europaea yg tersebar di wilayah luas:[1][2]

• Olea europaea subsp. europaea (Mediterranean Basin)lOlea europaea subsp. cuspidata (dari Afrika Selatan sampai Afrika Timur, Arabia smp Barat DayaTiongkok)

• Olea europaea subsp. guanchica (Canaries)

• Olea europaea subsp. cerasiformis (Madeira)

• Olea europaea subsp. maroccana Maroko

• Olea europaea subsp. laperrinei (Aljazair, Sudan, Niger)

Subspecies maroccana adalah heksaploid sdngkn cerasiformis tetraploid.[3]

Bntk tanaman liar srngkl dianggap spesies tersendiri dengan nama ilmiah Olea oleaster.

Simbol dan manfaat

Tangkai zaitun berdaun sng dipakai sebagai lambang perdamaian & tlh lama menjadi bgn kebudayaan Barat. Di dlm masyarakat ini dahan zaitun menjadi lambing perdamaian dan tlh ditnm sejak ratusan tahun yg lalu untuk [diambl|diambil} buahnya yg sedap. dr filosofi trsbt dapat kita ambl intisari bahwa dengan tumbuhnya zaitun akn mmbw perdamaian.

Banyak mnft dari pohon zaitun ini. Selain buahnya yg enak, kayu dari pohon zaitun juga sangat bgs, keras & indah. Selain untuk dimakan buah zaitun juga digunakan sbg penydp mknn. Apbl diperas buahnya, kita dapat memperoleh minyaknya. Minyak ini dapat digunakan sebagai bumbu salad dan blkngn banyak dignkn untuk bhn kosmetik yang dpt mnjg kelembaban & kekencangan kulit sehingga diyakini dpt mnjdkn kulit awet muda.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Kab. Tuban Kolaka Utara Pakpak Bharat Maybrat Mamuju Utara Pakpak Bharat Kab. Sumbawa Barat Palu Jakarta Barat Asmat Klungkung Murung Raya Minahasa Barito Timur

Dan Kec lainnya Kec. Kapur Sembilan Kec. Mapanget Kec. Rikit Gaib Kec. Tanjung Pinang Barat Kec. Modo Kec. Cisurupan Kec. Cerme Kec. Sambi Kec. Purba Kec. Sangkapura Kec. Gamping Kec. Geumpang Kec. Kemiling Kec. Tarogong Kaler Kec. Tambusai Kec. Mekar Baru Kec. Padang Gelugur Kec. Moga Kec. Kasembon Kec. Camba



Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Zaitun tanaman zaitun di indonesia adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Zaitun tanaman zaitun di indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit