Durian | buah durian musang king

Durian | buah durian musang king

Durian adl nama tumbuhan tropis yangbrsl dari wilayah Asia Tenggara, sklgs nama buahnya yangbs dikonsumsi.  Nama ini diambil dariciri khas kulit buahnya yang  keras & berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit). Durianadl buah yg kontroversial, meskipun banyak orangyg menyukainya, nmn sbg yang lain malah muak dengan aromanya.

Sesungguhnya, tmbhntumbuhan} dengan nm durian bukanlah spesies tunggal tetapi sekelompok tumbuhan dari marga Durio.[1] Nmn, yang dimksd dg durian (tanpa imbuhan apa-apa) biasanya adl Durio zibethinus. Jenis-jenis durian lain yg dapat dimakan dan kadangkala ditemukan di pasar tempatnya di Asia Tenggara di antaranya adalah lai(D. kutejensis), kerantungan (D. oxleyanus), durian kura-kura /atau kekura (D. graveolens), serta lahung (D. dulcis). Untuk slnjtnya, uraian di bwh ini mengacu kepada D. zibethinus.
 

Terdapat banyak nama lokal. Nm terbnyk ditemukan di Kalimantan, yang mengacu pd berbagai varietas & spesies yang berbeda. Durian di Jawa dikenal sebagai duren (bahasa Jawabahasa Betawi) & kadu (bahasa Sunda). Di Sumatera dikenal sebagai durian danduren (bahasa Gayo). Di Sulawesi, orang Manado menyebutnya duriang, smtr orang Toraja duliang. Di Kota Ambon dan kepulauan Lease biasa dsbt sbg Doriang. Di Pulau Seram bgn timur dsbt rulen.

Pusat keanekaragaman durian adalah Pulau Kalimantan.[butuh rujukan] Daerah-daerah sktrny jg memiliki beberapa plasma nutfah durian, seperti Mindanao, Sumatera, & Semenanjung Malaya mskpn tdk semelimpah Kalimantan. Mskpn demikian, pengekspor utama durian adl Thailand, yang mampu mengembangkan kultivar dengan mutu tinggi dan sistem budidaya yg baik. Tempat lain yang membudidayakandurian dg orientasi eksporadl Mindanao di Filipina,Queensland di AustraliaKambojaLaosVietnamIndia, dan Sri Lanka.

Di Filipina, pusat penghasil durian adl di daerah Davao di Pulau Mindanao. Festival Kadayawamerupakan perayaan tahunan untk durian di Davao City.

Pohon tahunanhijau abadi (pengguguran daun tidak tergantung musim) ttp ada saat tertentu untk menumbuhkan daun-daun baru (periode flushing /atau peronaan) yang trjd stlh masa berbuah selesai. Tumbuh tinggi dapat mencapai ketinggian 25–50 m tergantung spesiesnya,[3] pohon durian srg mempunyai banir (akar papan). Pepagan (kulit btng) brwrn cklt kemerahan, mnglps tak beraturan. Tajuknya rindang & renggang.

Daun brbntk jorong hingga lanset, 10-15(-17) cm × 3-4,5(-12,5) cm; terletak berseling; bertangkai; berpangkal lancip atau tumpul dan berujung lancip melandai; sisi atas brwrn hijau trng, sisi bawah tertutup sisik-sisik brwrn perak / keemasan dg bulu-bulu bintang.[4]

Bunga (jg buahnya) muncul langsung dr batang (cauliflorous) / cabang-cabang yangtua di bagian pngkl (proximal), berkelompok dalam



karangan berisi 3-10 kuntum berbentuk tukal atau malai rata. Kncp bunganya [mmblt|membulat}, sktr2 cm diameternya, brtngk [pnjng|panjang]. [Klpk|Kelopak} bunga bntk tabung spnjng lk. 3 cm, daun klpk tmbhn trpch bundar telur. Mahkota bntk sudip, [kr|kira-kira} 2× panjang kelopak, berjmlh 5 helai, keputih-putihan. Benang sarinya banyak, terbagi ke dlm 5 berkas; kepala putiknya mmbntk bongkol, dg tangkai yang berbulu.[4] Bunga muncul drkuncup dorman, mekar pada sore hari dan brthn hngg bbrp hari. Pada siang hari bunga mntp. Bunga ini menyebarkan aroma wangi yang berasal dr kelenjar nektar di bagian pangkalnya untuk menarik perhatia kelelawar sebagai penyerbuk utmnya.[5] Kajian di Malaysia pd thn 1970-an menunjukkan bhw penyerbuk durian adalah kelelawar Eonycteris spelaea. Penelitian thn1996 lebih jauh mnjkn [bhw|bahwa} hwn lain, sprt burung madu Nectariniidae & lebah turut serta dalam penyerbukan tiga kerabat durian lainnya.[3][6]

Buah durian bertipe kapsul brbntk blt, bulat telur hingga lonjong, dg pnjng hngg 25 cm dan diameter hngg 20 cm.[4] Kulit buahnya tbl, permukaannya bersdt tajam ("berduri", krn itu dsbt "durian", wlpn ini bukan duri dalam pngrtn botani), bwrn hijau kekuning-kuningan, kecoklatan, hingga keabu-abuan.

Buah berkembang stlh pembuahan & mmrlkn 4-6 bln untuk pemasakan. Pd ms pemasakan trjd persaingan antr buah pada satu klmpk, sehingga hanya satu ataubeberapa buah yg akan mencapai kemasakan, &\dan sisanya gugur. Buah akan jatuh sendiri apabila masak. Pada umumnya berat buah durian dapat mncp 1,5 hgg 5 kg, sehingga kebun durian mjd kwsn ygberbahaya pada masa musim durian. Apbl jatuh di ats kpl seorg, buah durian dpt menyebabkan cedera berat atau bhkn kematian.

Setiap buah memiliki lima ruang (awam mnybtnya "kamar"), yg menunjukkan banyaknya daun buah yang dimlk. Masing-masing rngn terisi olh bbrp bj, bsnya tiga btr atau lbh, lonjong hingga 4 cm pnjngnya, dan berwarna merah muda kecoklatan mngklp. Bj trbngks oleh arilus (salut biji), yang biasa disebut sbg "daging buah" durian) brwrn putih hngg kuning terang dengan ktbln yg beranekaragam, namun pd kultivar unggul ketebalan arilus ini dpt mencapai 3 cm. Bj dengan salut bj dlm perdgngn disebut ponggèPemuliaan durian diarhkn untk mnghslkn bj yang kecil dg salut biji yang tebal, krn salut biji inilah bgn yang dimakan. Beberapa varietas unggl menghasilkan buah dg bj yg tdk brkmbng nmn dengan salut biji tbl (dsbt "sukun")


Durian sangat bervariasi. Sebagaimana dsbt di mk, beberapa jenis selain durian benar (D. zibethinus) jg dianggp sebaga durian. Di Indonesia tercatat ada 20 jenis anggt Durio (dari hmpr30-an jns), sembilan di antaranya dpt dimkn.[3][7] Durian yang bnr pun mmlk bnyk variasi. Lembaga pnltn di Indonesia, Malaysia, dan Thailand tlh mrls berbagai kultivar durian unggul. Sln itu trdpt pl ras-ras lkl yang dikenal baik nmn belum mnglm thp slks untk meningkatkan  kualitasnya.

 

2019-02-23 3:55:12 * 2019-02-23 01:05:11

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Durian | buah durian musang king adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Durian | buah durian musang king"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit