Gaharu | budidaya tanaman gaharu

Gaharu | budidaya tanaman gaharu

Gaharu adl kayu berwarna kehitaman & mngndng resin khas yg dihasilkan oleh sejumlahspesies pohon dari marga/genus Aquilaria, terutama A. malaccensis. Resin ini dignkn dalam industri wangi-wangian (parfum dan setanggi) karena berbau harum. Gaharu sejak awal era modern (2000 thn yang lalu) telah menjadi komoditi perdagangan dr Kepulauan Nusantara ke IndiaPersiaJazirah Arab, srt Afrika Timur.

Berdasarkan studi dari Ng et al. (1997)[1], diketahui jenis-jenis berikut ini mnghslkn resin gaharu apbl terinfeksi oleh kapang gaharu :

·         Aquilaria apiculina, asal Filipina

·         Aquilaria baillonii, asal Thailand & Kamboja

·         Aquilaria baneonsis, asal Vietnam

·         Aquilaria beccarain, asal Indonesia

·         Aquilaria brachyantha, asal Malaysia

·         Aquilaria crassna asal MalaysiaThailand, & Kamboja

·         Aquilaria cumingiana, asal Indonesia dan Malaysia

·         Aquilaria filaria, asal Tiongkok

·         Aquilaria grandiflora, asal Tiongkok

·         Aquilaria hilata, asal Indonesia & Malaysia

·         Aquilaria khasiana, asal India

·         Aquilaria malaccensis, asal MalaysiaThailand, & India

·         Aquilaria microcarpa, asal IndonesiaMalaysia

·         Aquilaria rostrata, asal Malaysia

·         Aquilaria sinensis, asal Tiongkok

·         Aquilaria subintegra, asal Thailand

Proses pembentukan

Gaharu dihasilkan oleh tumbuhan sbg respon dari mikroba yg masuk ke dlm jaringan yang terluka.[2] Luka pd tanaman berkayu dapat disebabkan secara alami krn adanya cabang dahan yang patah atau kulit terkelupas, maupun secara sngj dengan pengeboran & penggergajian.[2] Msknya mikroba ke dalam jrngn tumbuhan dianggap sbg benda asing sehingga sel tanaman akan mnghslkan suatu senyawa fitoaleksin yg berfungsi sbg perthnn terhdp penyakit atau patogen.[3] Senyawa fitoaleksin trsbt dpt brp resin berwarna coklat & beraroma wangi, serta menumpuk pada pembuluh xilemdan floem untuk mncgh meluasnya luka ke jrngn lain.[3] Namun, apbl mikroba yg menginfeksi tanaman dapat mengalahkan sistem prthnn tanaman maka gaharu tidak trbntk dan bagian tanaman yg luka dapat membusuk. Ciri-ciri bagian tanaman yang telah menghasilkan gaharu adalah kulit batang menjadi lunak, tajuk tanaman menguning dan rontok, serta terjadi pembengkakan, pelekukan, atau penebalan pd batang dan cbng tanaman.[4] Senyawa gaharu dpt mnghslkan aroma yang harum krn mengandung senyawa guia dienalselina-dienone, & selina dienol.[4] Untk kpntngn komersil, msyrkt mengebor batang tanaman penghasil gaharu & memasukkan inokulum cendawan ke dalamnya. Setiap spesies tanaman penghasil gaharu mempunyai mikroba spesifik untk menginduksi penghasilan gaharu dalam jmlh yg besar. Beberapa contoh cendawan yang dpt digunakan [sbg|sebagai} inokulum adl Acremonium sp.,Cylindrocarpon sp., Fusarium nivaleFusarium solaniFusarium fusariodesFusarium roseumFusarium lateritium dan Chepalosporium sp.

Nilai ekonomi

Gaharu banyak diprdgngn dg hrg jual yang sngt tinggi terutama untuk gaharu dari tumbuhan famili Themeleaceae dg spesies Aquilaria spp. yang dlm dunia perdgngan dsbt sbg gaharu beringin.[5] Untk spesies gaharu dg nilai jual yg relatif rendah, biasanya dsbt sebagai gaharu buaya.[5]Selain ditentukan dari jenis tumbuhan pnghslnya, kualitas gaharu jg ditentukan oleh banyaknya kndngn resin dlm jaringan kayunya[5]. Smkn tinggi kndngn resin di dlmnya maka harga gaharu trsbt akan semakin mahal & bgt pula sebaliknya.[5] Secara umum perdgngan gaharu diglngkn menjadi tiga kelas besar, yaitu gubalkemedangan, & abu.[6] Gubal mrpkn kayu berwarna hitam atau hitam kecoklatan dan diperoleh dari bagian pohon penghasil gaharu yang memiliki kandungan damar wangi beraroma kuat.[6] Kemedangan adl kayu gaharu dg kandungan damar wangi dan aroma yg lemah serta mempunyai penmpkn fisik berwarna kecoklatan sampai abu-abu, memiliki serat kasar, & kayu lunak.[6] Kelas trakhr adl abu gaharu yang merupakan serbuk kayu hasil pengerokan atau sisa penghancuran kayu gaharu.[6]

Pengolahan Minyak Gaharu

Sblm dijadikan bahan baku parfum, gaharu hrs diolah terlebih dhl untk mndptkan minyak & senyawa aromatik yg terkandung di dalamnya. Sbgn kayu gaharu dapadijual ke ahli penyulingan minyak yg biasanya menggunakan teknik distilasi uap atau air untuk mengekstraksi minyak dr kayu trsbt.[7] Untuk mndptkn minyak gaharu dengan distilasi air, kayu gaharu direndam dlm air kmdn dipndhkn ke dlm suatu tmpt untk menguapkan air hngg minyak yg trkndng keluar ke permukaan wadah & senyawa aromatik yg menguap dapat dikmplkan scr terpisah.[7] Teknik distilasi uap mnggnkn potongan gaharu yg dimasukkan ke dalam peralatan distilasi uap.[7] Tenaga uap yang mnybbkn sel tanaman dpt trbk & minyak dan senyawa aromatik untuk parfum dapat keluar.[7] Uap air akan mmbw senyawa aromatik trsbt kmdn melalui tmpt pendinginan yg membuatnya terkondensasi kembali mnjd cairan.[7] Cairan yg berisi campuran air dan minyak akan dipisahkan hngg trbntk lapisan minyak di bgn atas & air di bwh.[7] Slh satu metode digunakan saat ini adl ekstraksi dg superkritikal CO2, yaitu CO2 cair yang terbentuk krn tknn tinggi.[7] CO2cair berfngsi sbg pelarut aromatik yang digunakan untuk ekstraksi minyak gaharu.[7] Metode ini mngntngkan krn tidak trdpt residu yang tersisa, CO2 dptdengan mudah diuapkan saat berbentuk gas pd suhu dan tknn normal.[7]

Konservasi

Pada tahun 1994, konvensi CITES (Convention on International Trade in Endangered Species) di Amerika Serikat menetapkan bhw pohon gaharu jenis A. malaccensis masuk ke dalam Appendix II, yaitu tanaman yang dibatasi perdangannya.[8] Pntpn tersebut dikarenakan populasi tumbuhan pnghsl gaharu semakin menyusut di alam yang disebabkan para pengusaha gaharu tidak dpt mengenali dengan tpt mana tanaman yg sdh mengandung gaharu dan siap dipanen.[9] Untuk mencari tanaman penghasil gaharu, para pengusaha mnbng puluhan pohon yang salah (tdk mnghslkan gaharu) shngg jmlh tanaman tersebut sngt berkurang.[9] Pd tahun 2004, Indonesia mengjkn agar semua penghasil gaharu alam yaitu genus Aquilaria & Gyrinops dimasukkan ke dlm dftr Appendix 2 untuk mmbts perdgngnnya shngg perdagangan gaharu harus memiliki izin dari CITES dan dlm kuota tertentu.[10] Hal ini dilakukan untuk memstkn jenis pohon gaharu alam dpt berkembang & trsbr dg baik.[9]

 

2019-02-21 16:03:09 * 2019-02-21 14:24:08

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Gaharu | budidaya tanaman gaharu adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Gaharu | budidaya tanaman gaharu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit