Gaharu | tanaman gaharu super

Gaharu | tanaman gaharu super

Gaharu adl kayu brwrn kehitaman dan mengandung resin khas yg dihasilkan oleh ssejmlhjenis pohon dr marga/genus Aquilaria, terutama A. malaccensis. Resin ini dignkn dlm industri wangi-wangian (parfum dan setanggi) krn berbau harum. Gaharu sjk awal era modern (2000 tahun yg lalu) tlh mnjd komoditi perdgngan dari Kepulauan Nusantara ke IndiaPersiaJazirah Arab, srt Afrika Timur.

Berdasarkan studi dari Ng et al. (1997)[1], diketahui jenis-jenis berikut ini menghasilkan resin gaharu apabila terinfeksi oleh kapang gaharu :

·         Aquilaria apiculina, asal Filipina

·         Aquilaria baillonii, asal Thailand dan Kamboja

·         Aquilaria baneonsis, asal Vietnam

·         Aquilaria beccarain, asal Indonesia

·         Aquilaria brachyantha, asal Malaysia

·         Aquilaria crassna asal MalaysiaThailand, dan Kamboja

·         Aquilaria cumingiana, asal Indonesia dan Malaysia

·         Aquilaria filaria, asal Tiongkok

·         Aquilaria grandiflora, asal Tiongkok

·         Aquilaria hilata, asal Indonesia dan Malaysia

·         Aquilaria khasiana, asal India

·         Aquilaria malaccensis, asal MalaysiaThailand, dan India

·         Aquilaria microcarpa, asal IndonesiaMalaysia

·         Aquilaria rostrata, asal Malaysia

·         Aquilaria sinensis, asal Tiongkok

·         Aquilaria subintegra, asal Thailand

Proses pembentukan

Gaharu dihasilkan oleh tumbuhan sebagai respon dr mikroba yang masuk ke dalam jrngn yang terluka.[2] Luka pada tanaman berkayu dapat disbbkan scr alami karena adanya cabang dahan yang patah atau kulit terkelupas, maupun secara sngj dengan pengeboran dan penggergajian.[2] Msknya mikroba ke dlm jrngn tanaman dianggap sbg benda asing sehingga sel tanaman akan menghasilkan suatu senyawa fitoaleksin yg berfungsi sebagai perthnn terhadap penyakit atau patogen.[3] Senyawa fitoaleksin tersebut dpt berupa resin berwarna coklat & beraroma harum, srt mnmpk pada pembuluh xilemdan floem untuk mncgh meluasnya luka ke jaringan lain.[3] Namun, apbl mikroba yg menginfeksi tumbuhan dpt mengalahkan sistem prthnn tanaman maka gaharu tidak terbentuk & bagian tumbuhan yang luka dapat membusuk. Ciri-ciri bagian tanaman yang telah menghasilkan gaharu adalah kulit batang menjadi lunak, tajuk tanaman menguning dan rontok, serta terjadi pembengkakan, pelekukan, atau penebalan pd batang dan cabang tumbuhan.[4] Senyawa gaharu dapat menghasilkan aroma yg harum karena mengandung senyawa guia dienalselina-dienone, dan selina dienol.[4] Untuk kpntngn komersil, masyarakat mengebor batang tumbuhan pnghsl gaharu dan memasukkan inokulum cendawan ke dalamnya. Setiap jenis pohon pnghsl gaharu mempunyai mikroba spesifik untuk menginduksi penghslan gaharu dlm jmlh yg bsr. Bbrp cnth cendawan yg dpt dignkn [sbg|sebagai} inokulum adalah Acremonium sp.,Cylindrocarpon sp., Fusarium nivaleFusarium solaniFusarium fusariodesFusarium roseumFusarium lateritium dan Chepalosporium sp.

Nilai ekonomi

Gaharu bnyk diperdagangan dengan hrg jual yg sangat tinggi terutama untk gaharu dari tumbuhan famili Themeleaceae dg jenis Aquilaria spp. yang dalam dunia perdangangan dsbt sebagai gaharu beringin.[5] Untuk spesies gaharu dg nilai jual yang relatif rendah, biasanya disebut sbg gaharu buaya.[5]Selain ditntkan dr spesies tanaman pnghslnya, kualitas gaharu juga ditentukan oleh bnyknya kandungan resin dlm jrngn kayunya[5]. Semakin tinggi kndngn resin di dalamnya maka hrg gaharu trsbt akan smkn mhl dan bgt pula sblknya.[5] Secara umum perdagangan gaharu diglngkn menjadi tiga kelas bsr, yaitu gubalkemedangan, dan abu.[6] Gubal mrpkn kayu berwarna hitam atau hitam kecoklatan dan diperoleh dari bagian pohon penghasil gaharu yang memiliki kandungan damar wangi beraroma kuat.[6] Kemedangan adl kayu gaharu dg kandungan damar wangi dan aroma yang lemah srt memiliki penampakan fisik brwrn kecoklatan smp abu-abu, memiliki serat kasar, & kayu lunak.[6] Kls trakhr adalah abu gaharu yg merupakan serbuk kayu hasil pengerokan atau sisa penghancuran kayu gaharu.[6]

Pengolahan Minyak Gaharu

Sebelum dijadikan bahan baku parfum, gaharu hrs diolah terlebih dahulu untuk mndptkan minyak dan senyawa aromatik yang trkndng di dlmnya. Sbgn kayu gaharu dptdijual ke ahli penyulingan minyak yg biasanya mnggnkan teknik distilasi uap atau air untuk mengekstraksi minyak dari kayu trsbt.[7] Untk mndptkn minyak gaharu dengan distilasi air, kayu gaharu direndam dalam air kmdn dipndhkn ke dalam suatu tmpt untk menguapkan air hingga minyak yg trkndng keluar ke permukaan wadah dan senyawa aromatik yang menguap dpt dikumpulkan secara terpsh.[7] Teknik distilasi uap mnggnkn ptngn gaharu yg dimasukkan ke dlmperalatan distilasi uap.[7] Tenaga uap yg mnybbkn sel tanaman dpt trbk & minyak & senyawa aromatik untuk parfum dpt keluar.[7] Uap air akan mmbw senyawa aromatik trsbt kmdn melalui tempat pendinginan yg membuatnya terkondensasi kmbl mnjd cairan.[7] Cairan yang berisi campuran air dan minyak akan dipshkan hingga trbntk lapisan minyak di bagian atas & air di bawah.[7] Salah satu metode digunakan saat ini adalah ekstraksi dengan superkritikal CO2, yaitu CO2 cair yg trbntk krn tekanan tinggi.[7] CO2cair berfungsi sebagai pelarut aromatik yg digunakan untuk ekstraksi minyak gaharu.[7] Metode ini menguntungkan karena tdk trdpt residu yang tersisa, CO2 dptdengan mudah diuapkan saat berbentuk gas pada suhu dan tknn normal.[7]

Konservasi

Pada tahun 1994, konvensi CITES (Convention on International Trade in Endangered Species) di Amerika Serikat mntpkn bhw pohon gaharu spesies A. malaccensis msk ke dlm Appendix II, yaitu tanaman yang dibatasi perdangannya.[8] Penetapan tersebut dikrnkn populasi tumbuhan pnghsl gaharu smkn menyusut di alam yg disbbkn para pengusaha gaharu tdk dpt mengenali dg tpt mana tumbuhan yang sdh mngndng gaharu & siap dipanen.[9] Untk mencari tanaman pnghsl gaharu, para pengusaha mnbng puluhan pohon yg slh (tdk mnghslkan gaharu) sehingga jmlh pohon tersebut sangat brkrng.[9] Pada tahun 2004, Indonesia mengajukan agar semua penghasil gaharu alam yaitu genus Aquilaria & Gyrinops dimskkn ke dalam daftar Appendix 2 untk mmbts perdgngnnya shngg perdagangan gaharu hrs mempunyai izin dr CITES & dlm kuota trtnt.[10] Hal ini dilakukan untk memstkn jenis pohon gaharu alam dpt berkembang dan trsbr dg baik.[9]

 

2019-02-09 18:00:39 * 2019-02-07 10:20:29

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Gaharu | tanaman gaharu super adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Gaharu | tanaman gaharu super"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit