Kurma (pohon) | pohon kurma di aceh

Kurma (pohon) | pohon kurma di aceh



Kebun Kurma Kini Hijaukan Aceh, Siap Panen Mei 2018 detikNews news detik kebun kurma kini hijaukan aceh siap panen mei 2018Cache14 Mar 2018 Aceh Mahdi Muhammad (54) berjalan pelan menyusuri perkebunan seluas 18 hektare yang sudah ditanami 2 000 pohon kurma Sesekali, ia  Foto: Kebun Kurma di Aceh yang Siap Panen Mei 2018 detikNews news detik foto kebun kurma di aceh yang siap panen mei 2018Cache16 Mar 2018 Pohon kurma identik dengan tanaman padang pasir di sepanjang Arab Namun, Mahdi menanamnya di Aceh dan siap panen dua bulan lagi menelusuri kebun kurma di lembah barbatee aceh besar YouTubeâ–º 5:20 youtube watch?v=_OZEdjNelIg21 Apr 2018 5 menit Diupload oleh PUJA TV LHOKSEUMAWEMENYUSURI PERKEBUNAN SELUAS 18 HEKTARE YANG SUDAH DITANAMI 2 000 Lahan Tandus di Aceh Kini Jadi Kebun Kurma YouTubeâ–º 1:00 youtube watch?v= 6fkRh4OwR018 Mar 2018 1 menit Diupload oleh KOMPASTVLahan seluas 18 hektar kini telah ditanami 3 000 pohon kurma di Lembah Barbate Bukan di Mekah, Kebun Kurma ini ada Di Aceh Siap Panen Ketika â–º 2:47 youtube watch?v=kNMaxHgvoHQ15 Mar 2018 3 menit Diupload oleh Hot NewsBukan di Mekkah, Kebun Kurma ini ada Di Aceh Siap Panen Ketika Masuk bulan Unik!! Ternyata Pohon Kurma ada Di Aceh Selatan YouTubeâ–º 2:09 youtube watch?v=3dZWDlzpDLg17 Apr 2017 2 menit Diupload oleh Menasda OPSTapaktuan â€" Pohon kurma yang tumbuh dipekarangan Mesjid Agung Istiqamah Kurma Tumbuh Subur di Aceh | Sumut Pos sumutpos co 2018 03 15 kurma tumbuh subur di aceh Cache15 Mar 2018 Ribuan pohon kurma itu sekarang sudah berusia 26 bulan dan 8 bulan lagi dipastikan akan berbuah dan siap panen Selain akan berbuah  Kebun Kurma di Lahan Tandus Aceh oleh Pocut Ghina Shabira kompasiana kebun kurma di lahan tandus acehCache29 Sep 2018 Adalah Mahdi, seorang mantan Kepala Bank Indonesia (BI) Pekanbaru, yang mempelopori penanaman pohon kurma di Aceh Dengan  Perkebunan Kurma di Aceh | Republika Online republika co id p9hh2z283 perkebunan kurma di acehCache29 Mei 2018 REPUBLIKA CO ID, ACEH BESAR Pekerja merawat pohon kurma di Lembah Berbate, Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh, Selasa (29 5) IDPA Tanam Ribuan Kurma di Aceh Serambi Indonesiaaceh tribunnews 2019 01 08 idpa tanam ribuan kurma di acehCache8 Jan 2019 Acara itu menjadi awal dari penanaman pohon kurma di garis pantai Indonesia, yang dimulai dari ujung Sumatera dan Kilometer Nol Pulau 

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) di Sulawesi Barat, Bali, Lampung, Sulawesi Tengah, Sumatera Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Bali, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, DI Yogyakarta

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah pohon kurma di aceh di Deli Serdang, Bireuen, Bandar Lampung, Serdang Bedagai, Wakatobi, Bandar Lampung, Dumai, Gayo Lues, Kota Pontianak, Mukomuko, Kutai Barat, Bengkulu Tengah, Kota Surabaya, Sarolangun,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) | pohon kurma di aceh di Kec. Puhpelem, Kec. Banjar, Kec. Porsea, Kec. Randublatung, Kec. Pelabuhan Ratu, Kec. Pagaden, Kec. Karangmalang, Kec. Padang Ganting, Kec. Pulau Laut Timur, Kec. Tanjung Tiram, Kec. Winong, Kec. Sempul, Kec. Astananyar, Kec. Raya Kahean, Kec. Pucakwangi, Kec. Cerme, Kec. Kertosono, Kec. Nabire, Kec. Unggaran Barat, Kec. Minas

Kurma, (Arab: Tamr; nama latin Phoenix dactylifera) adalah tanaman palma (Arecaceae) dlm genus Phoenix, buahnya dapatdimkn. Wlpn tempat asalnya tdk dikth krn telah sejak lama dibddykn, kmngkn tanaman ini berasal dari tanah sktr Teluk Persia[1]. Pohonnya berukuran sdng dengan tinggi sekitar 15-25 meter, tumbuh scr tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya mempunyai panjang 3-5 m, dengan duri pd tangkai daun, menyirip dan memiliki sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dg panjang 30 cm & lebar 2 centimeter . Rentangan pnh mahkotanya berkisar dr 6-10 m.

Etimologi
Nama spesies dactylifera "date-bearing" berasal dr Yunani kuno, dáktulos, "kurma" (juga "jari")[2] dan batang dari kata kerja Latin, fero, "Saya memberi".[3]

Sejarah Kurma
Kurma tlh menjadi mknn pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Tumbuhan Kurma diykn berasal dr sekitar Teluk Persia & tlh dibudidayakan sjk zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kemungkinan pd awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno mnggnkn buahnya untuk dibuat mnjd anggur kurma & memakannya pada saat panen. Ada bukti arkeologi budidaya kurma di bagian Arab timur pada tahun 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pd zaman slnjtnya, orang Arab mnybrkn luaskan kurma di sekitar Selatan & Barat Daya Asia, bagian utara Afrika, Spanyol & Italia. Kurma diprknlkn di Mexico dan California, disekitar Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pada tahun 1765.

Buah
Buah yg dihslkn oleh pohon kurma diknl sebagai buah kurma.[4] Bentuk buahnya lonjong-silinder dengan panjang 3-7 cm , berdiameter 2-3 cm &ktk msh muda warnanya merah cerah ke kuning trng, tergantung dr jnsnya. Kurma mempunyai biji tunggal yg ukuran panjangnya sekitar 2-2,5 cm dan tebalnya 6-8 millimeter. Buah kurma diklmpkn mnjd tiga glngn utama yaitu: lunak (contohnya 'Barhee', 'Halaw', 'Khadrawy', 'Medjool'), semi-kering (contohnya 'Dayri', 'Deglet Noor', 'Zahidi') & kering (contohnya 'Thoory'). Varietas buah ini trgntng pada kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa.
Pohon kurma mrpkn tumbuhan varietas dioecious, yaitu mempunyai pohon jantan dan betina yg hidup secara terpisah. Mereka bisa tmbh dg mudah dari bakal biji, tetapi hanya 50% tumbuhan betina yang ditanam scr pembibitan akan berbuah, & menghasilkan buah yang kecil srt berkualitas rendah. Sebagian besar prkbnn mnggnkn perkmbngbkn stek pada pohon, terutama pd kultivar 'Medjool' krn bisa menghasilkan panen yg banyak serta buah yang manis dan besar. Tumbuhan yg tumbuh dari cara stek akan berbuah 2-3 thn lebih awal drpd tanaman yang menggunakan bibit.
Pembuahan dg serbuk sari pada tanaman kurma dilakukan scr alami oleh angin ttp pada perkebunan oasis tradisional dan perkebunan modern, penyerbukan dilakukan secara manual. Penyerbukan alami pada pohon jantan & betina, bisa trjd dengan jmlh yang sama antara kedua tumbuhan. Nmn, bila dilkkn dg bantuan, satu tanaman jantan bisa mnyrbk hingga 100 tanaman betina. Tumbuhan jantan yang merupakan sbg penyerbuk, mmngknkn para petani mnggnkn smbr daya mereka untuk memproduksi lebih banyak buah pd pohon betina.

Beberapa petani bahkan tidak memelihara pohon jantan, yg mana sbg bunga jantan, untuk menyediakannya di pasar lokal pada saat wkt penyerbukan. Pnyrbkn manual dikrjkn oleh pekerja terampil dg mnggnkn bantuan tangga untuk naik ke atas pohon. Di beberapa daerah sprt Irak, para pkrj memanjat pohon dg menggunakan alat pemanjat khusus, dimana alat tersebut mengitari batang pohon dan pendaki membuatnya tetap melekat pada bagasi saat mendaki. Jarang serbuk sari dapat diterbangkan ke bunga betina dengan angin.

Kurma masak dbg mnjd empat glngn, yang mana diknl di seluruh dunia dengan menggunakan penamaanArab yaitu, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), tamr (matang, dikeringkan dengan bantuan matahari).

Setiap 100 g kurma segar dapat mengandung smbr vitamin C[butuh rujukan] & energi sbsr 230 kcal (960 kJ). Air yg trkndng dlm kurma relatif sedikit & hal ini tidak mnjdknnya jauh lbh pekat pada saat proses pengeringan brlngsng, meskipun vitamin C-nya akanhlng.

Kurma merupakan tanaman tradisional yg pntng di Turki, Iraq, Arab, Afrika Utara sampai ke Maroko. Di negara-negara Islam, kurma & yogurt atau susu adl mknn tradisional yg utama untk berbuka puasa pada saat bulan Ramadan. Kurma (terutama Medjool dan Deglet Noor) jg dibddykn di Amerika Serikat pdbgn selatanCalifornia, Arizona dan bagian selatan Florida.

Tanaman kurma dapat berbuah stlh ditnm selama 4 smp 7 tahun dan bisa dipanen ketika telah berusia 7 smp 10 thn. Tumbuhan kurma yg telah dewasa bisa menghasilkan 80-120 kg (176-264 lb) buah kurma pd setiap musim panennya. Agar mndptkn buah yg berkualitas untk bisa dipsrkn, tandan kurma hrs ditipiskan & dibngks atau ditutup sebelum masak supaya buahnya bisa tumbuh menjadi lebih besar & terlindungi dr cuaca dan hama, seperti burung.

Makanan dari Olahan Kurma
Kurma kering atau lembut yg dimakan buatan tangan atau mungkin terlihat berbintik-bintik diisi dengan isian sepertialmond, kenari, manisan jeruk dan kulit lemon, tahini, marzipan atau krim keju. Kurma berbintik disebut juga kurma tanpa biji. Sebagian kurma kering berbintik kemungkinan berglasir dengan sirup glukosa untuk digunakan sebagai makanan ringan. Kurma juga bisa dipotong dan digunakan dalam berbagai hidangan manis dan gurih mulai dari tajines (untuk puding) diMaroko, ka'ak (jenis kue kering Arab) & makanan pencuci mulut lainnya. Kurma roti kacang, jenis kue, sangat populer diAmerika Serikat terutama menjelang hari-hari libur. Kurma juga diproses menjadi berbentuk dadu, pasta (yg disebut "ajwa"), olesan, sirup kurma atau "madu" yg disebut "dibs" atau "rub" di Libya, bubuk (gula kurma), cuka ataupun alkohol. Inovasi olahan terbaru antara lain kurma berlapis cokelat & produk-produk seperti jus kurma bersoda, yg digunakan di beberapa negara-negara Islam sebagaisampanye versi non-alkohol, untk acara-acara khusus & waktu keagamaan seperti Ramadhan.

Kurma juga dapat dikeringkan, ditumbuk dan dicampur dengan gandum untk membentuk bahan baku bergizi. Kurma kering dimakan oleh unta, kuda dan anjing diSahara. Di Nigeria utara, kurma dan lada ditambahkan ke dalam bir asli yang diyakini membuatnya untuk mengurangi mabuk.

Daun kurma muda dimasak dan dimakan sebagai sayuran, seperti pangkal tunas atau jantung, meskipun pada saat pengangkatannya bisa membuat tanaman mati. Benih digiling halus dicampur dengan tepung untuk membuat roti pd saat sedang kelangkaan terjadi. Bunga-bunga kurma juga dimakan. Secara tradisional, bunga betina adl bunga yang paling tersedia untuk dijual & beratnya 300-400 gram. Kuncup bunga digunakan dalam salad atau sebagai alas pd ikan kering untk membuat bumbu roti.

Menurut sebuah studi oleh Al-Shahib & Marshall, dalam banyak hal, "Kurma bisa dianggap sebagai makanan yg hampir ideal, memberikan berbagai nutrisi penting dan manfaat kesehatan yg potensial." Kurma adalah sumber yang sangat baik untk diet kalium. Kandungan gula pd kurma yang tlh matang sekitar 80%; sisanya terdiri dari protein, serat, & elemen trmsk boron, kobalt, tembaga, fluor, magnesium, mangan, selenium, & seng.[5]

Di India & Pakistan, Afrika Utara, Ghana, & Pantai Gading, pohon kurma disadap untk diambil getah manisnya, yg dikonversi menjadi gula kelapa (yg diknl sebagai jaggery atau gur), sirup gula atau minuman beralkohol. Di Afrika Utara getah yg diperoleh dr penyadapan tanaman palma diknl sebagai lagbi. Jk dibiarkan untuk jangka wkt yang cukup lama (biasanya berjam-jam, trgntng pd suhu) lagbi dg mdh dapat menjadi mnmn beralkohol. Ktrmpln khusus diperlukan pd saat penyadapan tumbuhan palma sehingga tdk mati.

Di bagian Tenggara Spanyol (di mana prkbnn besar kurma ada trmsk UNESCO dilndng Palmeral dr Elche) kurma (biasanya olahan dengan almondgoreng) disjkn terbungkus pd daging babi asap & shallow goreng.

Itu juga dignkn untk membuat Jallab.

Kegunaan Pohon Kurma
Biji kurma tersebut direndam dr bawah ke atas untuk dijadikan pakan ternak. Minyaknya cocok untk digunakan dalam bntk sabun & kosmetik. Mrk juga bisa diolah secara kimia sebagai sumber asam oksalat. Benih-benihnya juga dibkr untk membuat arang oleh pandai perak dan dapat dirangkai menjadi kalung. Bj kurma jg tanah & dgnkn pd olahan bj kopi atau sbg bahan tambahan untk kopi.

Tandan buah yang telah dipreteli bisa digunakan sebagai sapu. Di Pakistan, viskos, sirup kental yg terbuat dr buah yg masak digunakan sbg plps untuk tas kulit & pipa untk mncgh kebocoran.

Getah pohon kurma dapat dgnkn untk membuat sirup danbrbg produk bisa dimkn berasal dari sirup.

Daun tanaman kurma digunakan untk Palm Sunday dlm agama Kristen. Di Afrika Utara, mereka biasanya dgnkn untk membuat pondok. Daun dewasa juga dibuat menjadi tikar, layar, keranjang dan kipas. Daun yg diolah dapat digunakan sebagai isolasi kardus. Tangkai daun kering yg mrpkn smbr ampas selulosa bisa dijadikan sebagai tongkat jalan, sapu, umpan pancing & bahan bakar. Pelepah daun yg brhrg mengeluarkan aroma serta seratnya jg bisa digunakan sebagai tali, kain kasar, dan topi besar. Di hari libur Yahudi,Sukkot, daun-daunnya digunakan sbg lulav.

Kayu kayu tumbuhan kurma dgnkn untk tiang & langit-langit pd pondok, karena lebih ringan dr kelapa dan tidak bgt tahan lama. Kayu jg dgnkn untk konstruksi seperti jembatan dan saluran air, & bgn dari dhows. Sisa kayunya dibakar sebagai bhn bakar.

Dmn tradisi krjnn msh brkmbng, seperti di Oman, pohon palem adalah yang paling serba guna dr semua pohon asli, dan hamper setiap bgn dr tumbuhan digunakan untuk membuat barang-barang fungsional mulai dr tali & keranjang untuk sarang, perahunelayan, & tempat tnggl tradisional.[butuh rujukan]

Kegunaan Kurma dalam Bidang Pengobatan
Kurma memiliki kandungan tannin yang tinggi & secara medis digunakan sebagai deterjen (memiliki daya pembersihan) & astringent pada usus yang brmslh.[butuh rujukan] Kurma bisa diberikan untuk sakit tenggorokan, pilek, penyakit selesema bronkial, mrngkn demam dan sjmlh keluhan lainnya dlm bentuk infus, ramuan, sirup atau pasta.[butuh rujukan] Satu keyakinan tradisional mngtkn bhw kurma dapat mentrlkn keracunan alkohol. Bubuk bj jg digunakan dalam beberapa obat-obatan tradisional.

Getah yang dicucurkan oleh batang tanaman, di India, dgnkn untuk mengobati diare dan penyakit kencing genital.[butuh rujukan] Akarnya digunakan mlwn sakitgigi. Serbuk sari menghasilkan sebuah prinsip estrone, estrogenik, dan memiliki efek gonadotropic pada tikus muda.

2019-03-24 8:05:05 * 2019-03-24 08:03:14

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kurma (pohon) | pohon kurma di aceh adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kurma (pohon) | pohon kurma di aceh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit