Mahoni | siboen pohon mahoni

Mahoni | siboen pohon mahoni

 

Mahoni adalah anggt suku Meliaceae yang mnckp 50 genera & 550 jenis pohon kayu.

Morfologi dan penyebaran

Mahoni termasuk pohon bsr dengan tinggi tanaman mencapai 35–40 m & diameter mncp 125 cm.[2] Batang lurus berbentuk silindris dan tdk berbanir.[2] Kulit luar berwarna cokelat kehitaman, beralur dangkal sprt sisik, sdngkn kulit batang brwrn abu-abu &  halus ktk msh muda, brbh mnjd cokelat tua, beralur &  mengelupas setelah tua.[2]Mahoni baru berbunga setelah berumur 7 tahun, mahkota bunganya silindris, kuning kecoklatan, benang sari melekat pada mahkota, kpl sari putihkuning kecoklatan.[3] Buahnya buah kotak, bulat telur, berlekuk lima, warnanya cokelat. Biji pipih, warnanya hitam atau cokelat.[4] Mahoni dpt dijumpai tumbuh liar di hutan jati dan  tempat-tempat lain yg dkt dg pantai, atau ditanam di tepi jalan sebagai tumbuhan pelindung.[5] Pohon yang asalnya dr Hindia Barat ini, dapat tmbh sbr bila tmbh di pasir payau dkt dengan pantai.[6]

Manfaat

Tumbuhan mahoni bisa mengurangi polusi udara sktr 47% - 69% sehingga disebut sebagai pohon plndng sklgs filter udara &  daerah tangkapan air.[7] Daun-daunnya bertugas mnyrp polutan-polutan di sktrnya. Sebaliknya, dedaunan itu akan melepaskan oksigen (O2) yg membuat udara di sekitarnya mnjd sgr.[7] Ketika hujan turun, tanah &  akar-akar pepohonan itu akan mengikat air yang jth, shngg menjadi cadangan air.[7] Buah mahoni mengandung flavonoid &  saponin[8]. Buahnya dilprkn bisa mlncrkn peredaran darah sehingga para pndrt penyakit yg mnybbkn trsmbtny aliran darah disarankan memakai buah ini sbg obat, mngrng kolesterol, pnmbnn lemak pada saluran darah, mengurangi rasa sakit, pendarahan &  lebam, srt bertindak sbg antioksidan untuk menyingkirkan radikal bebas[8], mncgh penyakit sampar, mngrng lemak di badan, mmbnt meningkatkan sistem kekebalan, mencegah pembekuan darah, serta mngtkn fungsi hati dan  memperlambat proses pmbkn darah[9]. Sifat Mahoni yg dpt brthn hidup di tanah gersang mnjdkn tanaman ini sesuai ditanam di tepi jln. Bg penduduk Indonesia khususnya Jawa, pohon ini bknlah pohon yg baru, krn sejak zaman penjajahan Belanda mahoni &  rekannya, Tumbuhan Asam, sudah banyak ditanam di pinggir jalan sbg peneduh terutama di spnjng jalan yg dibangun olehDaendels antara Anyer sampai Panarukan. Sjk 20 thn terakhir ini, pohon mahoni mulai dibddykn karena kayunya memiliki nilai ekonomis yang ckp tinggi. Kualitas kayunya keras dan  sngt baik untuk meubel, furnitur, barang-barang ukiran &  kerajinan tangan. Srng juga dibuat penggaris krn sifatnya yg tidak mudah berubah. Kualitas kayu mahoni berada sedikit dibawah kayu jati shngg srng dijlk sebagai primadona kedua untk mewarnai pakaian. Kain yg dirbs brsm kulit mahoni akan mnjd kuning dan  tidak mdh luntur.Sdngkn getah mahoni yg disebut jg blendok bisa diprgnkn sbg bhn baku lem, dan  daun mahoni untk pakan ternak.[10]

Ekstrak biji tumbuhan mahoni jg bs dgnkn sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama pada pertnmn kubis, yaitu Plutella xylostella dan  Crocidolomia binolalis khususnya pd saat hama berada pd stadia larva. Penggunaan insektisida botani mrpkn slh satu alternatif pngndln yg brtjn untuk mngrng dampak negatif akibat pnggnn insektisida sintetik yg tdk bjksn.

 

2019-03-09 17:51:03 * 2019-03-09 17:33:01

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Mahoni | siboen pohon mahoni adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Mahoni | siboen pohon mahoni"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit