Tin | buah tin rasa

Tin | buah tin rasa

 

Tin atau Ara (Ficus carica L.) adalah semacam tumbuhan penghasil buah-buahan yang dpt dimkn yang berasal dariAsia Barat. Buahnya bernama sama. Nm "Tin" diambil dari bahasa Arab, jg dikenal dengan nm "Ara" (buah ara / pohon ara) sdngkn dlm bahasa Inggris dsbt fig (common fig; "tanaman ara umum"), sbnrnya masih trmsk kerabat pohon beringin dr genus yg sama, yaitu Ficus.

Pemerian

Tmbh di daerah Asia Barat, mulai dr pantai Balkan hingga Afganistan. Sekarang dibddykn pula di Australia,CileArgentina, serta Amerika Serikat.

Habitus brp tumbuhan, bsr dan dapat tumbuh hngg 10meter dg batang lunak brwrn abu-abu. Daunnya cukup bsr dan berlekuk dalam, 3 atau 5 cuping.

Bunga tin tidak kelihatan karena terlindung oleh dasar bunga yg mntp sehingga dikira buah. Pnyrbkn dilkkn oleh sejns tawon khss, sama sprt serangga yang menyerbuki varietas Ficus lainnya.

Yang disebut buahsebenarnya adalah dasar bunga yang membentuk bulatan.Jenis ini khas untuk semua anggota suku ara-araan (Moraceae). Buahnya berukuran pnjng tiga hingga 5 centimeter, brwrn hijau. Beberapa macam berubah warna menjadi ungu jika matang. Getah yg diklrkn pohon ini dpt mengiritasi kulit.

Pemanfaatan

Buah tin dapat dimkn sgr, dikeringkan, atau dibuat selai. Buah yang dipetik harus segera dimnftkn karena tidak dpt disimpan lama (mudah rusak). Di Bengali buah tin diolah sebagai sayuran.

Kaitan dengan literatur

Yahudi/Kristen

Tanaman ara mrpkn tanaman ketiga yang disebutkan di Alkitab Ibrani dan Perjanjian Lama di Alkitab Kristen, stlh "pohon kehidupan" dan "pohon pengetahuan tentang yang baik dan yg jahat".[1] Adam & Hawa menyemat daun pohon ara & membuat cawat untuk menutupi tubuh mrk stlh mrk tahu, bahwa mereka telanjang.[2]

Buah ara jg trmsk daftar mknn yang ditmkn dlm Tanah Perjanjian mnrt Taurat (Ulangan 8). Yesus Kristus mngtk sebuah tumbuhan ara krn tdk mnghslkn (Markus 11:12–14).

Islam

Tanaman tin adl salah satu dr dua tanaman yang disebutmanfaatnya baik dlm Islam. Di Al Qur'an, slh satu surat disebut dg nmini (QS Surah At-Tinayat 1) krn Allah bersumpah atas nm buah/tanaman ini.

 

2019-03-07 20:00:05 * 2019-03-07 20:00:05

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Tin | buah tin rasa adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Tin | buah tin rasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit