Cermai manfaat buah cermai

0:27:02

Ceremai, cereme atau cerme adl nm semacam pohon dg buahnya skl. Buah yang masam ini dikenal pula dengan nama-nama lain sprt ceureumoe (Aceh), chermai (Mal.), karmay (Ilokano, Fil.), mayom (Thai.) & lain-lain. Dlm bhs Inggris dinamai Otaheite gooseberry, Malay gooseberry dan beberapa sebutan yang lain. Nama ilmiahnya adalah Phyllanthus acidus.

 

Pemerian
Perdu atau pohon kcl dg ketinggian sampai 9 meter, bercabang rendah & renggang. Sepintas, tumbuhan cerme bukan tdk mirip dengan pohon belimbing wuluh.
Daun tunggal, bundar telur dengan ujung runcing, pnjng 2-7 centimeter, tersusun di rntngnya seperti daun majemuk menyirip.
Bunga-bunganya brklmn tunggal atau ganda, merah, berbilangan 4, trssn dalam malai hingga 12 cm. Buah batu, bulat dengan 6-8 rusuk, kuning keputihan menyerupai lilin, berdiameter hingga 2,5 cm, brgntngn sendiri atau dlm untaian. Daging buah keputihan, masam & bnyk berair, di tnghnya terdapat inti yg keras dg 4-6 btr bj.

 

Manfaat
Buah cerme sering dimakan sgr dg dicmpr gula, garam atau dirujak. Cerme jg kerap dibuat manisan, direbus (disetup) atau dibuat minuman pnygr. Daun mudanya dgnkn sbg lalap.
Daun & bj dr tumbuhan ini memiliki khasiat untuk kesehatan.[2] Daunnya untk batuk berdahak, mngrskn badan, mual, kanker dan sariawan.[2] Sedangkan bijinya untk sembelit & mual.[2] Rebusan akar cerme dgnkn untk meringankan asma & mengobati penyakit kulit. Bahan penyamak juga dihasilkan dr kulit akarnya.
Tumbuhan cerme krp ditnm sbg peneduh atau penghias hlmn dan taman. Tumbuhan ini dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropis, menyukai tempat yang lembap sampai ktnggn sekitar 1.000 m dpl. Cerme dapat dibiakkan melalui biji atau stek.

 

Jenis berkerabat
Cerme berkerabat dekat dengan tanaman malaka (Phyllanthus emblica) dan meniran (P. niruri); keduanya adalah tanaman yg berkhasiat obat.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Buton Binjai Sukamara Merangin Tolikara Sukamara Kab. Pasuruan Kab. Lamongan Manokwari Kab. Lombok Timur Kutai Barat Tabanan Kab. Probolinggo Kab. Blora

Dan Kec lainnya Kec. Kota Anyar Kec. Gunung Mariah Kec. Karangan Kec. Rambang Dangku Kec. Cilaku Kec. Rajabasa Kec. Kaway XVI Kec. Campaka Kec. Bintang Ara Kec. Pamarican Kec. Tanjung Pinang Timur Kec. X Koto Diatas Kec. Jatirogo Kec. Nyalindung Kec. Panyabungan Utara Kec. Marga Asih Kec. Warungpring Sesenapadang Kec. Ulu Barumun Kec. Sindangwangi

Tag Cermai manfaat buah cermai

Tag search: manfaat buah cermai Cermai .. Cermai Wikipedia bahasa Indonesia ensiklopedia bebas idwikipediaorgwikiCermai Buah cerme sering dimakan segar dengan dicampur gula Daun dan biji dari tanaman ini mempunyai khasiat untuk kesehatan 10 Manfaat Buah Cermai No 8 Pria Harus Tahu Dokter Sehat doktersehatcommanfaatbuahcermai 14 Jul 2019 Jaran terdengar ternyata manfaat buah cermai ada banyak dan tak terduga Lantas apa saja khasiat buah cermai bagi kesehatan Cegah Kanker Hingga Turunkan Berat Badan Ini Manfaat Buah kumparancomkumparanfoodcegahkankerhinggaturunkanberatbadaninimanfaatbuahcermai1553149964910184792 21 Mar 2019 Bagi kamu penyuka asinan cermai ini manfaat yang akan tubuhmu dapatkan Cari tahu yuk 5 Manfaat Buah Cermai untuk Kesehatan yang Jarang IDN Times 18 Jun 2019 Dalam buah cermai ditemukan kadar serat yang tinggi kebanyakan adalah jenis serat larut air yang memiliki daya dorong cukup kuat 14 Manfaat Buah Cermai Untuk Kesehatan Deherbacom 23 Apr 2018 Cermai adalah buah yang sempat populer di masa lalu dan kini banyak terlupakan Tapi ternyata buah ini memiliki banyak manfaat Gaya Hidup Tak Banyak yang Tahu 6 Khasiat Buah Cermai bagi akuratcogayahidupid638618readtakbanyakyangtahu6khasiatbuahcermaibagikesehatan 29 Mei 2019 AKURATCO Tak banyak yang tahu buah cermai mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh Buah dengan bentuk mungil seperti Buah Cermai P acidus Kandungan Gizi dan manfaat untuk bpikirancekkembalicomcermai Buah cermai atau ceremai Phyllanthus acidus L coklat muda rasanya cukup asam begitu tua cukup sangat manis manfaat buah cermai untuk kesehatan Manfaat Buah Cermai untuk Diet Diabetes Kesuburan Pria Hingga 9 Des 2019 Manfaat buah cermai ternyata tak hanya enak untuk dibuat manisan namun sangat baik untuk kesehatan Selain bagian buah cermai daun Manfaat serta Khasiat Daun dan Buah PETUA Penawar Sakit zhcnfacebookcompetuavcospostsmanfaatsertakhasiatdaundanbuahcermaisayasedikitmegulangkajiataumeng1219823961522267 Manfaat serta Khasiat Daun dan Buah Cermai Saya sedikit megulang kaji atau mengupas tentang manfaat serta khasiat daun dan buah cermai Mungkin .


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cermai manfaat buah cermai adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cermai manfaat buah cermai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit