Cengkih | cengkeh mati ranting

Cengkih | cengkeh mati ranting

Cengkih (Syzygium aromaticumsyn. Eugenia aromaticum), dalam bahasa Inggris disebut cloves, adl tangkai bunga kering beraroma dari keluarga pohon Myrtaceae. Cengkih adalah  tumbuhan asli Indonesia, banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa, & sebagai bhn utm rokok kretek khas Indonesia. Cengkih ditanam terutama di Indonesia (Kepulauan Banda) & Madagaskar; selain itu juga dibudidayakan di ZanzibarIndia, dan Sri Lanka.

Tanaman ini adalah  flora identitas Provinsi Maluku Utara.

Pemerian

Pohon cengkih merupakan tanaman thnn yg dpt tmbh dengan tinggi 10–20 m, mempunyai daun brbntk lonjong yang berbunga pada pucuk-pucuknya. Tangkai buah pada awalnya brwrn hijau, & brwrn merah jk bunga sudah mekar. Cengkih akan dipanen jk sdh mencapai pnjng 1,5–2 cm.

Penggunaan

Cengkih dapat digunakan sbg bumbu, baik dalam bntknya yg utuh atau sebagai bubuk. Bumbu ini dgnkn diEropa dan Asia. Terutama di Indonesia, cengkih dgnkn sebagai bahan rokok kretek. Cengkih juga dgnkn sbg bhn dupa di Republik Rakyat Tiongkok & JepangMinyak cengkih digunakan di aromaterapi dan juga untk mengobati sakit gigi. Daun cengkih kering yg ditumbuk halus dpt digunakan sebagai pestisida nabati dan efektif untuk mengendalikan penyakit busuk batang Fusarium dg mmbrkn 50-100 grdaun cengkih kering per tanaman[1].

Sejarah cengkih

PdPada abad yang keempat, pemimpin Dinasti Han dr Tiongkok memerintahkan stp orang yg mendekatinya untksblmnya menguyah cengkih, agr harum napasnya. Cengkih, pala dan merica sangatlah mahal pada zaman Romawi. Cengkih menjadi bahan tukar mnkr oleh bangsa Arab pada abad pertengahan. pada akhir abad ke-15, orang Portugis mngmbl alih jalan tkr menukardi Laut India. Brsm itu diambil alih jg perdagangan cengkih dg perjanjian Tordesillas dg Spanyol, selain itu jg dengan perjanjian dengan sultanTernate. Orang Portugis mmbw bnyk cengkih yang mereka peroleh dr kepulauan Maluku ke Eropa. pd saat itu hrg 1 kilogram cengkih sama dengan harga 7gram emas.

Perdagangan cengkih akhirnya didominasi oleh orang Belanda pd abad ke-17. dg susah payah orang Prancis berhasil membudayakan pohon Cengkih di Mauritius pada tahun 1770. Akhirnya cengkih dibudayakan di GuyanaBrasiliadan Zanzibar.

pPda abad ke-17 & ke-18 di Inggris hrg cengkih sama dg harga  emas krn tingginya biaya impor. Sbb cengkih disana dijadikan salah satu bhn mknn yang sngt berkhasiat bagi masyarakat dan sktrnya yang mnnsms tanaman cengkih tersebut. Sampai sekarang cengkih menjadi slh satu bhn yg|yang} diekspor ke luar negeri.

Pohon cengkih yang dianggap tertua yg masih hidup terdapat di Kelrhn Tongole, Kecamatan Ternate Tengah, sekitar 6 kilometerdari pusat kota Ternate. Pohonyang disebut sbg Cengkih Afo ini berumur 416thn, tinggi 36,60 meter, berdiameter 198 meter, dan keliling batang 4,26 meter. Stp tahunnya ia mmp menghasilkan sekitar 400 kilogram bunga cengkih.[2]

Kandungan bahan aktif dalam bunga dan buah cengkih

Minyak esensial dr cengkih memiliki fungsi anestetik dan antimikrobial. Minyak cengkih sering digunakan untk mnghslkn bau napas dan untuk mnghlngkn sakit gigi. Zat yang trkndng dalam cengkih yg brnm eugenol, dgnkn dokter gigi untuk menenangkan saraf gigi. Minyak cengkih jg digunakan dlm cmprn tradisional chōjiyu (1% minyak cengkih dalam minyak mineral; "chōji" berarti cengkih; "yu" berarti  minyak) dan dgnkn oleh orangJepang untuk merawat permukaan pedagang mereka.

2019-03-10 17:37:08 * 2019-03-10 17:36:02

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cengkih | cengkeh mati ranting adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cengkih | cengkeh mati ranting"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit