Cabai | harga cabai 15000

Cabai | harga cabai 15000

Cabai atau cabai merah atau chili adl buah & tumbuhan anggota genus Capsicum. Buahnya dpt diglngkn sebagai sayuran maupun bumbu, trgntng bagaimana dgnkn. Sbg bumbu, buah cabai yang pedas sangat popular di Asia Tenggara sebagai penguat rasa mknn. Bg seni mskn Padang, cabai bahkan dianggp sebagai "bahan makanan pokok" ke sepuluh (alih-alih sembilan). Sangat sulit bagi masakan Padang dibuat tanpa cabai.

Manfaat Cabai

Cabai merah besar (Capsicum annuum L.) mrpkn salah satu varietas sayuran yg mempunyai nilai ekonomi yg tngg. Cabai mngndng berbagai macam snyw yg brgn bagi kesehatan manusia. [1]. Sun et al. (2007) melaporkan cabai mngndng antioksidan yg berfungsi untk mnjg tbh dari srngn radikal bebas. Kandungan terbesar antioksidan ini adl pada cabai hijau. Cabai juga mngndng Lasparaginase & Capsaicin yang berperan sebagai zat antikanker (Kilham 2006; Bano & Sivaramakrishnan 1980).

Cabai (Capsicum annum L) mrpkn slh satu produk sayuran yg banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia krn mempunyai harga jual yang tngg [2]dan mempunyai bbrp mnft kshtn yg salah satunya adalah zat capsaicin yg brfngs dlm mengendalikan penyakit kanker. Sln itu kandungan vitamin C yang ckp tngg pada cabai dapat mmnh kebutuhan harian stp orang, nmn hrs dikonsumsi secukupnya untk menghindari nyeri lambung.

Cara penanaman

Cabai atau lombok termasuk dalam suku terong-terongan (Solanaceae) dan mrpkn pohon yg mdh ditanam di dtrn rndh ataupun di dataran tngg. Tanaman cabai bnyk mngndng vitamin A & vitamin C serta mngndng minyak atsiri capsaicin, yang mnybbkn rasa pedas & memberikan khngtn panas bl dgnkn untuk rempah-rempah (bumbu dapur). Cabai dapat ditnm dg mudah shngg dapat dipakai untuk kbthn sehari-hari tanpa hrs membelinya di pasar.

Tanaman cabai cocok ditanam pd tanah yang kaya humus, gembur & sarang, srt tdk trgnng air; pH tanah yg ideal sekitar 5-6. Wkt tanam yg baik untk lahan kering adl pada akhir musim hujan (Maret-April). UntkUntuk memperoleh hrg cabai yang tinggi, bisa jg [dilkkn|dilakukan} pd bulan Oktober dan panen pada bulan Desember, wlpn ada risiko kegagalan. Pohon cabai diperbanyak mll bj yg ditnm dr tanaman yang sehat serta bebas dari hama dan penyakit. Buah cabai yg tlh dislks untk bibit dijmr hingga krng. Kalau pnsnya ckp dalam lima hari tlh krngkering kmdn br diambil bijinya: Untk areal satu hektar dibutuhkan sktr 2-3 kilogram buah cabai (300-500 gr biji).

Permasalahan produksi

Slh satu kendala utm dlm sstm produksi cabai di Indonesia adalah adanya serangan lalat buah pd buah cabai. Hama ini sering menyebabkan ggl panen[3]. Laporan Departemen Pertanian RI tahun 2006 menunjukkan bhw krskn pada tanaman cabai di Indonesia dapat mncp 35%. Buah cabai yg terserang srng tmpk sehat dan utuh dari luar ttp bila dilihat di dlmnya membusuk & mengandung larva lalat. Pnybbnya terutama adl lalat buahBactrocera carambolae. Krn gejala awalnya yg tak tampak jls, sementara hama ini sbnrnnya msh trbts di Indonesia, lalat buah menjadi hamakarantina yang ditkt shngg dapat menjadi pnghmbt ekspor buah-buahan maupun pd produksi cabai.

Sln lalat buah, Kutudaun Myzus persicae (Hemiptera: Aphididae) mrpkn salah satu hama pntng pd bddy cabai krn dpt menyebabkan kerusakan hngg 80%. Upaya pngndlnnya dapat menggunakan insektida nabati ekstrak Tephrosia vogelii dan Alpinia galanga[4]

Upaya penanggulangan hama

Sebenarnya sudah dilakukan cara untk mengendalikan srngn lalat buah ini, di antaranya adl pembrongsongan yang bisa mencegah srngn lalat buah. Akan ttp, cara ini tdk praktis untuk dilkkn pada tumbuhan cabai dalam areal yg luas. Sementara pnggnn insektisida selain mencemari lngkngn jg sangat brbhy bagi knsmn buah. Oleh karena itu, diperlukan cara pngnndln yang ramah lngkngn dan cck untk diterapkan di areal luas sprt di lahan sentral produksi cabai. Upaya pngndln lalat buah pada pohpn cabai, khususnya cabai merah, adalah penggunaan insektisida sintetik karena dianggp praktis, mudah diperoleh, dan mnnjkkn efek yang cepat. Sln insektisida sintetik, insektisida nabati sprt kacang babi Tephrosia vogelii, jeruk purut Citrus hystrix, serai wangi Cymbopogon citratus efektif sbg pnlk lalat buah.[5]

 

 

2019-03-11 3:28:02 * 2019-03-11 02:57:03

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cabai | harga cabai 15000 adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cabai | harga cabai 15000"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit