Gaharu | tanaman gaharu dan manfaatnya

Gaharu | tanaman gaharu dan manfaatnya

Gaharu adalah kayu berwarna kehitaman dan mengandung resin khas yang dihslkan oleh ssejmlhspesies tanaman dr marga/genus Aquilaria, terutama A. malaccensis. Resin ini dignkn dalam industri wangi-wangian (parfum dan setanggi) karena berbau harum. Gaharu sejak awal era modern (2000 tahun yg lalu) tlh menjadi komoditi perdgngan dari Kepulauan Nusantara ke IndiaPersiaJazirah Arab, srt Afrika Timur.

Berdasarkan studi dari Ng et al. (1997)[1], diketahui jenis-jenis brkt ini menghasilkan resin gaharu apbl terinfeksi oleh kapang gaharu :

·         Aquilaria apiculina, asal Filipina

·         Aquilaria baillonii, asal Thailand & Kamboja

·         Aquilaria baneonsis, asal Vietnam

·         Aquilaria beccarain, asal Indonesia

·         Aquilaria brachyantha, asal Malaysia

·         Aquilaria crassna asal MalaysiaThailand, dan Kamboja

·         Aquilaria cumingiana, asal Indonesia & Malaysia

·         Aquilaria filaria, asal Tiongkok

·         Aquilaria grandiflora, asal Tiongkok

·         Aquilaria hilata, asal Indonesia dan Malaysia

·         Aquilaria khasiana, asal India

·         Aquilaria malaccensis, asal MalaysiaThailand, & India

·         Aquilaria microcarpa, asal IndonesiaMalaysia

·         Aquilaria rostrata, asal Malaysia

·         Aquilaria sinensis, asal Tiongkok

·         Aquilaria subintegra, asal Thailand

Proses pembentukan

Gaharu dihslkn oleh tanaman sbg respon dari mikroba yg masuk ke dlm jaringan yg terluka.[2] Luka pada tanaman berkayu dpt disbbkan scr alami krn adanya cabang dahan yg patah atau kulit terkelupas, maupun scr sengaja dengan pengeboran dan penggergajian.[2] Msknya mikroba ke dlm jaringan tumbuhan dianggap sbg benda asing shngg sel tumbuhan akan mnghslkan suatu senyawa fitoaleksin yg berfungsi sbg pertahanan terhadap penyakit atau patogen.[3] Senyawa fitoaleksin tersebut dpt brp resin berwarna coklat & beraroma wangi, serta mnmpk pd pembuluh xilemfloem untuk mncgh meluasnya luka ke jaringan lain.[3] Nmn, apabila mikroba yg menginfeksi tumbuhan dapat mengalahkan sistem pertahanan tanaman mk gaharu tidak terbentuk dan bgn tanaman yg luka dpt membsk. Ciri-ciri bagian tanaman yang telah menghasilkan gaharu adalah kulit batang menjadi lunak, tajuk tanaman menguning dan rontok, serta terjadi pembengkakan, pelekukan, atau penebalan pada batang dan cabang tumbuhan.[4] Senyawa gaharu dapat mnghslkan aroma yg harum krn mengandung senyawa guia dienalselina-dienone, dan selina dienol.[4] Untuk kepentingan komersil, masyarakat mengebor batang tumbuhan pnghsl gaharu & memskkn inokulum cendawan ke dalamnya. Setiap spesies pohon penghasil gaharu mempunyai mikroba spesifik untk menginduksi penghasilan gaharu dlm jmlh yg bsr. Beberapa contoh cendawan yang dpt dignkn [sbg|sebagai} inokulum adl Acremonium sp.,Cylindrocarpon sp., Fusarium nivaleFusarium solaniFusarium fusariodesFusarium roseumFusarium lateritium & Chepalosporium sp.

Nilai ekonomi

Gaharu banyak diperdagangan dg hrg jual yg sangat tinggi terutama untuk gaharu dari tanaman famili Themeleaceae dg jenis Aquilaria spp. yg dlm dunia perdgngan dsbt sebagai gaharu beringin.[5] Untuk jenis gaharu dg nilai jual yang relatif rendah, biasanya dsbt sebagai gaharu buaya.[5]Selain ditntkan dari jenis tanaman penghasilnya, kualitas gaharu juga ditntkn oleh banyaknya kndngn resin dlm jrngn kayunya[5]. Smkn tinggi kndngn resin di dlmnya maka hrg gaharu trsbt akan smkn mahal & bgt pula sebaliknya.[5] Scr umum perdgngan gaharu digolongkan mnjd tiga kls bsr, yaitu gubalkemedangan, dan abu.[6] Gubal mrpkn kayu berwarna hitam atau hitam kecoklatan dan diperoleh dari bagian pohon penghasil gaharu yang memiliki kandungan damar wangi beraroma kuat.[6] Kemedangan adl kayu gaharu dg kndngn damar wangi & aroma yang lemah srt memiliki penampakan fisik brwrn kecoklatan sampai abu-abu, mempunyai serat kasar, & kayu lunak.[6] Kelas terakhir adalah abu gaharu yang merupakan serbuk kayu hasil pengerokan atau sisa penghancuran kayu gaharu.[6]

Pengolahan Minyak Gaharu

Sblm dijdkan bhn baku parfum, gaharu hrs diolah trlbh dhl untk mendapatkan minyak dan senyawa aromatik yg trkndng di dlmnya. Sbgn kayu gaharu dptdijual ke ahli penyulingan minyak yg biasanya menggunakan teknik distilasi uap atau air untk mengekstraksi minyak dr kayu tersebut.[7] Untk mndptkn minyak gaharu dengan distilasi air, kayu gaharu direndam dalam air kmdn dipindahkan ke dlm suatu tmpt untk menguapkan air hingga minyak yg trkndng keluar ke prmkn wadah & senyawa aromatik yang menguap dpt dikumpulkan secara terpsh.[7] Teknik distilasi uap menggunakan ptngn gaharu yg dimskkn ke dlmperalatan distilasi uap.[7] Tenaga uap yg menyebabkan sel tanaman dapat trbk dan minyak & senyawa aromatik untk parfum dapat keluar.[7] Uap air akan membawa senyawa aromatik tersebut kemudian melalui tmpt pendinginan yg membuatnya terkondensasi kembali mnjd cairan.[7] Cairan yg berisi campuran air & minyak akan dipshkan hngg terbentuk lapisan minyak di bagian atas dan air di bwh.[7] Salah satu metode digunakan saat ini adl ekstraksi dengan superkritikal CO2, yaitu CO2 cair yang terbentuk krn tekanan tinggi.[7] CO2cair berfungsi sbg pelarut aromatik yg dignkn untk ekstraksi minyak gaharu.[7] Metode ini menguntungkan karena tdk terdapat residu yang tersisa, CO2 dptdengan mdh diuapkan saat berbentuk gas pd suhu & tekanan normal.[7]

Konservasi

Pada thn 1994, konvensi CITES (Convention on International Trade in Endangered Species) di Amerika Serikat mntpkn bhw tanaman gaharu spesies A. malaccensis masuk ke dlm Appendix II, yaitu tumbuhan yg dibatasi perdangannya.[8] Pntpn trsbt dikarenakan populasi tumbuhan penghasil gaharu semakin menyusut di alam yg disbbkn para pengusaha gaharu tdk dpt mengnl dengan tpt mana tumbuhan yang sudah mengandung gaharu dan siap dipanen.[9] Untk mncr pohon pnghsl gaharu, para pengusaha mnbng puluhan pohon yg slh (tidak menghasilkan gaharu) shngg jumlah tanaman tersebut sangat brkrng.[9] Pada tahun 2004, Indonesia mengajukan agar semua penghasil gaharu alam yaitu genus Aquilaria dan Gyrinops dimskkn ke dalam daftar Appendix 2 untk membatasi perdgngnnya shngg perdagangan gaharu harus memiliki izin dari CITES & dlm kuota tertentu.[10] Hal ini dilakukan untk memstkn spesies pohon gaharu alam dpt berkembang & tersebar dg baik.[9]

 

2019-03-09 12:37:02 * 2019-03-09 12:26:34

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Gaharu | tanaman gaharu dan manfaatnya adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Gaharu | tanaman gaharu dan manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit