Gaharu tanaman gaharu dalam pot

1:56:01 Gaharu adl kayu berwarna kehitaman & mengandung resin khas yang dihslkan oleh ssejmlhjenis pohon dr marga/genus Aquilaria, terutama A. malaccensis. Resin ini digunakan dlm industri wangi-wangian (parfum dan setanggi) krn berbau harum. Gaharu sejak awal era modern (2000 tahun yang lalu) tlh menjadi komoditi perdagangan dari Kepulauan Nusantara ke India, Persia, Jazirah Arab, serta Afrika Timur.
Brdsrkan studi dari Ng et al. (1997)[1], diketahui jenis-jenis berikut ini mnghslkn resin gaharu apbl terinfeksi oleh kapang gaharu :
• Aquilaria apiculina, asal Filipina
• Aquilaria baillonii, asal Thailand dan Kamboja
• Aquilaria baneonsis, asal Vietnam
• Aquilaria beccarain, asal Indonesia
• Aquilaria brachyantha, asal Malaysia
• Aquilaria crassna asal Malaysia, Thailand, & Kamboja
• Aquilaria cumingiana, asal Indonesia & Malaysia
• Aquilaria filaria, asal Tiongkok
• Aquilaria grandiflora, asal Tiongkok
• Aquilaria hilata, asal Indonesia dan Malaysia
• Aquilaria khasiana, asal India
• Aquilaria malaccensis, asal Malaysia, Thailand, dan India
• Aquilaria microcarpa, asal Indonesia, Malaysia
• Aquilaria rostrata, asal Malaysia
• Aquilaria sinensis, asal Tiongkok
• Aquilaria subintegra, asal Thailand

Proses pembentukan
Gaharu dihslkn oleh tumbuhan sebagai respon dari mikroba yang masuk ke dlm jrngn yg terluka.[2] Luka pd tumbuhan berkayu dpt disbbkan secara alami krn adanya cabang dahan yang patah atau kulit terkelupas, maupun secara sengaja dg pengeboran & penggergajian.[2] Msknya mikroba ke dalam jaringan tumbuhan dianggap sebagai benda asing shngg sel tanaman akan mnghslkan suatu senyawa fitoaleksin yang berfngs sbg perthnn terhdp penyakit atau patogen.[3] Senyawa fitoaleksin trsbt dapat brp resin berwarna coklat dan beraroma harum, srt menumpuk pada pembuluh xilem& floem untk mncgh meluasnya luka ke jrngn lain.[3] Namun, apabila mikroba yg menginfeksi tanaman dpt mnglhkan sstm pertahanan tanaman maka gaharu tidak trbntk & bagian tumbuhan yang luka dpt membsk. Ciri-ciri bagian tanaman yang telah menghasilkan gaharu adalah kulit batang menjadi lunak, tajuk tanaman menguning dan rontok, serta terjadi pembengkakan, pelekukan, atau penebalan pd batang & cbng tanaman.[4] Senyawa gaharu dpt menghasilkan aroma yang wangi karena mngndng senyawa guia dienal, selina-dienone, & selina dienol.[4] Untk kpntngn komersil, msyrkt mengebor batang tumbuhan penghasil gaharu & memskkn inokulum cendawan ke dalamnya. Setiap spesies pohon pnghsl gaharu memiliki mikroba spesifik untk menginduksi penghslan gaharu dlm jmlh yg bsr. Bbrp contoh cendawan yg dapat digunakan [sbg|sebagai} inokulum adalah Acremonium sp.,Cylindrocarpon sp., Fusarium nivale, Fusarium solani, Fusarium fusariodes, Fusarium roseum, Fusarium lateritium & Chepalosporium sp.

Nilai ekonomi
Gaharu bnyk diperdagangan dg hrg jual yg sngt tinggi terutama untk gaharu dr tumbuhan famili Themeleaceae dg spesies Aquilaria spp. yg dalam dunia perdgngan dsbt sbg gaharu beringin.[5] Untk spesies gaharu dg nilai jual yg relatif rendah, biasanya dsbt sebagai gaharu buaya.[5]Selain ditentukan dari jenis tanaman penghasilnya, kualitas gaharu juga ditentukan oleh bnyknya kandungan resin dalam jaringan kayunya[5]. Smkn tinggi kndngn resin di dlmnya maka hrg gaharu tersebut akan semakin mhl & begitu pula sblknya.[5] Scr umum perdagangan gaharu diglngkn menjadi tiga kelas besar, yaitu gubal, kemedangan, & abu.[6] Gubal mrpkn kayu berwarna hitam atau hitam kecoklatan dan diperoleh dari bagian pohon penghasil gaharu yang memiliki kandungan damar wangi beraroma kuat.[6] Kemedangan adl kayu gaharu dg kandungan damar wangi & aroma yang lemah srt mempunyai penampakan fisik berwarna kecoklatan sampai abu-abu, mempunyai serat kasar, dan kayu lunak.[6] Kls trakhr adl abu gaharu yang merupakan serbuk kayu hasil pengerokan atau sisa pnghncrn kayu gaharu.[6]

Pengolahan Minyak Gaharu
Sblm dijdkan bhn baku parfum, gaharu hrs diolah trlbh dahulu untk mendapatkan minyak dan senyawa aromatik yg terkandung di dlmnya. Sebagian kayu gaharu dapadijual ke ahli penyulingan minyak yang biasanya mnggnkan teknik distilasi uap atau air untk mengekstraksi minyak dari kayu tersebut.[7] Untuk mndptkn minyak gaharu dengan distilasi air, kayu gaharu direndam dalam air kmdn dipindahkan ke dalam suatu tempat untk menguapkan air hingga minyak yang trkndng keluar ke prmkn wadah dan senyawa aromatik yang menguap dpt dikumpulkan secara terpsh.[7] Teknik distilasi uap mnggnkn potongan gaharu yg dimasukkan ke dlmperalatan distilasi uap.[7] Tenaga uap yg menyebabkan sel tumbuhan dpt trbk dan minyak & senyawa aromatik untk parfum dapat keluar.[7] Uap air akan membawa senyawa aromatik tersebut kemudian melalui tmpt pendinginan yang membuatnya terkondensasi kembali menjadi cairan.[7] Cairan yg berisi cmprn air & minyak akan dipisahkan hngg trbntk lapisan minyak di bgn atas dan air di bwh.[7] Slh satu metode digunakan saat ini adl ekstraksi dg superkritikal CO2, yaitu CO2 cair yg terbentuk krn tekanan tinggi.[7] CO2cair berfungsi sbg pelarut aromatik yang dignkn untuk ekstraksi minyak gaharu.[7] Metode ini mngntngkan krn tdk terdapat residu yang tersisa, CO2 dptdengan mdh diuapkan saat berbentuk gas pd suhu & tekanan normal.[7]

Konservasi
Pada thn 1994, konvensi CITES (Convention on International Trade in Endangered Species) di Amerika Serikat menetapkan bhw pohon gaharu jenis A. malaccensis msk ke dlm Appendix II, yaitu tumbuhan yg dibatasi perdangannya.[8] Pntpn trsbt dikrnkn populasi tumbuhan penghasil gaharu smkn menyusut di alam yang disebabkan para pengusaha gaharu tidak dpt mengnl dg tepat mana tumbuhan yang sdh mengandung gaharu dan siap dipanen.[9] Untuk mncr tanaman pnghsl gaharu, para pengusaha mnbng puluhan pohon yang salah (tdk mnghslkan gaharu) shngg jumlah pohon tersebut sngt berkurang.[9] Pd thn 2004, Indonesia mengajukan agar semua penghasil gaharu alam yaitu genus Aquilaria dan Gyrinops dimskkn ke dalam dftr Appendix 2 untk mmbts perdagangannya shngg perdagangan gaharu hrs mempunyai izin dari CITES & dlm kuota trtnt.[10] Hal ini dilkkn untuk memstkn jenis pohon gaharu alam dapat brkmbng dan tersebar dg baik.[9]



Tag Gaharu tanaman gaharu dalam pot

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Gaharu tanaman gaharu dalam pot adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Gaharu tanaman gaharu dalam pot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit