Kepel pohon buah kepel

3:52:01 Tanaman kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) adalah pohon pnghsl buah hdngn meja yang mnjd flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta dan di Tanah Pasundan yang juga diknl sebagai Burahol. Buah kepel digmr puteri kraton-kraton di Jawa karena dipercaya menyebabkan keringat beraroma wangi & membuat air seni tdk berbau tajam.

Pemerian
Pohon tegak, tdk merontokkan daun scrserentak, tingginya mencapai 25 m. Tajuknya teratur brbntk kubah meruncing ke atas (seperti cemara) dengan percabangan mendatar atau agak mendatar. Diameter batang utamanya mcp 40centimeter,berwarna coklat-kelabu tua smp hitam, yang scr khas trttp oleh bnyk benjolan yang besar-besar. Daunnya brbntk lonjong-jorong sampai bundar-telur/bentuk lanset, berukuran (12-27) centmeter × (5-9) centmeter, brwrn hijau gelap, tdk berbulu, merontal tipis; tangkai daunnya mencapai 1,5 cm panjangnya. Bunganya berkelamin tunggal, mula-mula berwarna hijau kemudian berubah menjadi keputih-putihan, muncul pada tonjolan-tonjolan di batang; bunga jantannya trltk di batang sebelah atas & di cabang-cabang yg lbh tua, berkmpl sbnyk 8-16 kuntum, diameternya mncp 1 cm; bunga betinanya hny berada di pangkal batang, diameternya mncp 3 cm. Buahnya dengan 1-13lembar daun buah bertipe mirip buah buni (berrylike ripe carpels), panjang tangkai buahnya mencapai 8 centmeter; daun buah yg masak hamper bulat bntknya, brwrn kecoklat-coklatan, diameternya 5-6 cm, perikarpnya berwarna coklat, berisi sari buah, dapat dimkn. Bijinya berbentuk menjorong, brjmlh 4-6 butir, panjangnya sekitar 3 centmeter, berat segar 62-105 g, serta bagian yg dpt dimakan sebanyak 49% dan bjnya 27% dr berat buah segar.

Manfaat
Buahnya yang matang dimakan dalam keadaan segar. Disebutkan bahwa dagingnya yang berwarna jingga & mengandung sari buah itu mmbrkn aroma seperti bunga mawar brcmpr buah sawo pd ekskresi tubuh (sprt air seni, keringat, dan napas). dalam pengobatan, daging buahnya berfngs sbgpeluruh kencing, mencegah radang ginjal dan menyebabkan kemandulan (sementara) pada wanita. Jd, kepel ini oleh para wanita bangsawan digunakan sebagaiparfum & alat KB; di Jawa, penggunaannya scr tradisional trbts di Kesultanan Yogyakarta. Kayunya cocok untk perkakas rumah tangga; batangnya yg lurus stlh direndam beberapa bln dlm air, dgnkn untuk bahan bangunan rumah &dibrtkn tahan lebih dr 50 thn. Kepel mrpkn tanaman hias pohon yg indah, daunnya yang mncl secara serentak berubah dr merah muda pucat menjadi merah keunguan sblm brbh lg menjadi hijau cemerlang. Perawakan pohonnya brbntk silindris atau piramid dg banyak cabang lateral yg trssn scr sistematik, & sifatnya yg kauliflor (cauliflory) mnmbh keindahannya.

Syarat Tumbuh
Kepel tumbuh liar pd tanah lembap dan dalam, di hutan-hutan sekunder di Jawa. Dibddykn sebagai tanaman buah pada ketinggian mncp 600 m dpl, & mau berbuah di Queensland. Jenis ini dapat tumbuh baik di sela-sela rumpun bambu, yang di tmpt itu pohon-pohon lain tidak mampu bersaing.

Budidaya

Kepel umumnya diprbnyk dr bj yg diambil dari buah matang & disemaikan secepatnya. Penyetekan & pencangkokan sdh prnh dicb, ttp tidak berhasil. Benihnya dibersihkan dengan jalan dicuci dan dikrngkn di tmpt teduh. Sebelum disemai benih diskarifikasi, tetapi perkecambahannya msh memerlukan wkt bbrp bulan. Lambat-laun persentase perkecambahannya tinggi jg. Prkcmbhnnya hipogeal, akar tunggangnya membengkak dan tidak brcbng untk bbrp waktu. Mula-mula semai itu tmbh lambat. pada saat semai berdaun 3-5 helai, dipindahtanamkan ke dalam pot.Ktk tingginya mncp 0,5-1,0 m bibit dipindahtanamkan ke lapangan dengan jarak tnm 6-8 m. Fase yuwananya (vegetative phase, juvenile phase) berlangsung slm 6-9 tahun.

Pemeliharaan
Hama dan Penyakit

Blm ada laporan mengenai hama dan penyakit yg brbhy, ttp pohonnya harus dijg dr serangan kelelawar dan binatang pengerat.

Panen dan Pasca Panen
Buah kepel dianggap masak bila digores kulitnya trlht bgn bwhnya berwarna kuning atau coklat muda (jika brwrn hijau, buah msh belum masak). untk menjaga kualitas, buah kepel dibngks 1-2 bln sblm dipanen, mnggnkn anyaman bambu atau daun kelapa atau kantung plastik. Buah dikemas dalam keranjang atau karung dan hndknya diprlkkn dg hati-hati; buah kepel dpt brthn dismpn 2-3 minggu pd suhu ruang



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Jakarta Utara Kab. Timor Tengah Selatan Padang Lawas Karangasem Gunung Mas Padang Lawas Tomohon Kab. Gorontalo Utara Bengkulu Tengah Kolaka Utara Sibolga Karo Kab. Wonogiri Teluk Wondama

Dan Kec lainnya Kec. Pengasih Kec. Bendungan Kec. Kibin Kec. Kunduran Kec. Tirtamulya Kec. Turi Kec. Kejuruan Muda Kec. Rilau Ale Kec. Kebon Agung Kec. Purwantoro Kec. Tebing Tinggi Kec. Kalibaru Kec. Muara Tiga Kec. Klakah Kec. Tiga Binanga Kec. Mepanga Kec. Mojosari Kec. Pucang Laban Kec. Purwokerto Utara Kec. Pabuaran

Tag Kepel pohon buah kepel

Tag search: pohon buah kepel Kepel


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kepel pohon buah kepel adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kepel pohon buah kepel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit